RELIGIUSITAS DALAM NOVEL DOMPET AYAH SEPATU IBU KARYA J.S. KHAIREN DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI PEMBELAJARAN KARAKTER DI SMK

  • Raden Rista Ardiawati Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Wika Soviana Devi Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Religiusitas, kualitatif, Karya Sastra

Abstract

Penelitian ini memanfaatkan sastra sebagai sarana kritik religiusitas melalui novel Dompet Ayah Sepatu Ibu karya J.S. Khairen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana religiusitas pada Novel Dompet Ayah Sepatu Ibu karya J.S Khairen dapat membentuk watak peserta didik kelas XII SMK melalui penggambaran tokoh serta alur cerita dalam karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini mengacu pada teori Cresswell meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksana, 3) pengumpul data, 4) implementasi data, dan 5 ) pelapor hasil penelitian. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan angket. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMK Puspita Bangsa. Desain penelitian ini merangkum kutipan-kutipan pada novel yang mencerminkan nilai religiusitas. Penelitian ini menemukan 3 kutipan pada novel yang menggambarkan nilai akidah. Terdapat 3 kutipan yang menggambarkan nilai akhlak. Terdapat 4 kutipan yang menggambarkan nilai ibadah. Berdasarkan hasil dari tanggapan peserta diidk mengenai nilai religiusitas dalam novel Dompet Ayah Sepatu Ibu karya J.S. Khairen. Terdapat tanggapan peserta didik yaitu nilai akidah sebanyak 17, nilai akhlak sebanyak 18 dan nilai ibadah sebanyak 26. Hasil kuesioner menunjukan bahwa novel Dompet Ayah Sepatu Ibu karya J.S Khairen mampu membantu peserta didik guna mengimplementasikan nilai religiusitas pada kegiatan sosial masyarakat yang peserta didik jalani.


Abstract
This research uses literature as a means of criticizing religiosity through the novel Dompet Ayah Shoes Ibu by J.S. Khairen. This research aims to determine the extent to which religiosity in the novel Dompet Ayah Shoes Ibu by J.S Khairen can shape the character of class XII vocational school students through the depiction of characters and storylines in literary works. This study used descriptive qualitative method. This research design refers to Cresswell's theory including 1) planning, 2) implementing, 3) data collecting, 4) data implementation, and 5) reporting research results. Data collection using interview, observation and questionnaire techniques. The data source for this research is class XII students at Puspita Bangsa Vocational School. This research design summarizes quotes in the novel that reflect the value of religiosity. This research found 3 quotes in the novel that describe the value of faith. There are 3 quotes that describe moral values. There are 4 quotes that describe the value of worship. Based on the results of the students' responses regarding the value of religiosity in the novel Dompet Ayah Shoes Ibu by J.S. Khairen. There were student responses, namely the value of faith was 17, the moral value was 18 and the value of worship was 26. The results of the questionnaire show that the novel Dompet Ayah Shoes Ibu by J.S Khairen is able to help students implement the value of religiosity in the social activities of the community that students undertake.

References

Aisyah, T., Wahyuni, R., & Wikanengsih. (2019). Analisis Novel Saman Karya Ayu Utami: Tinjauan Sosiologi Sastra. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 291–298. file:///C:/Users/ACER/Downloads/2750-Article Text-5918-1-10-20190415.pdf

Arafat Yasser Gusti. (2018). Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis Gusti Yasser Arafat UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadrah, 17(33), 32–48. https://jurnal.uin-antasari.ac.id

Aristya. (2016). PEMBAHSI Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. PEMBAHSI: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1–15.

Asbar, A. M., & Setiawan, A. (2022). Nilai Aqidah, Ibadah, Syariah Dan Al-Dharuriyat Al-Sittah Sebagai Dasar Normatif Pendidikan Islam. AJIE: Al-Gazali Journal of Islamic Education, 1(1), 88–101. https://doi.org/10.21092/a.ajie.v1i1.xxxx

Diana Nadifa, & Ahmad Ihwanul Muttaqin. (2023). Pembentukan Karakter Disiplin Santri Melalui Amaliyah Yaumiyyah di Pondok Pesantren Nurul Huda. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.54471/rjps.v3i1.2277

Khamid. (2019). Nashaih al-. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 33.

Nimas. (2023). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 12 No. 3 November 2023 http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm. 12(3), 187–198.

Nurhapidah, A. A., & Sobari, T. (2019). Kajian Sosiologi Sastra Novel “Kembali” Karya Sofia Mafaza. Kajian Sosiologi Sastra Novel Kembali Karya Sofia Mafaza |, 2(4), 529–534.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan (pp. 141–142).

Suwondo, T. (2017). Sastra dan Pendidikan. Majalah Chandra, December 2017, 7–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.1303374

Article Metrics
Abstract views: 144
PDF downloads: 178
Published
2024-07-30
How to Cite
Ardiawati, R. R., & Devi, W. S. (2024). RELIGIUSITAS DALAM NOVEL DOMPET AYAH SEPATU IBU KARYA J.S. KHAIREN DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI PEMBELAJARAN KARAKTER DI SMK. Jurnal Metamorfosa , 12(2), 89-102. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v12i2.2810
Section
Articles