ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM IKLAN RADIO 99,3 TOSS FM MERDUATI BANDA ACEH

  • Wahidah Nasution STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Efrima STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Iklan, Tindak Tutur, Ilokusi

Abstract

Pemahaman terhadap tuturan tidak hanya berlangsung pada leksikon yang  ada, namun juga membutuhkan konteks yang mendasarinya. Tindak tutur merupakan salah satu bagian yang memudahkan pemahaman keliteralan. Bahasa yang terdapat dalam iklan perlu dikaji keliterannya untuk memahami bahwa ujaran terkadang tidak sama dengan apa yang dituturkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi dalam iklan radio 99,3 Toss FM Merduati Banda Aceh dan mendeskripsikan fungsi tindak tutur ilokusi dalam iklan radio 99,3 Toss FM Merduati Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari temuan peneliti tekait bentuk dan fungsi ilokusi, diantaranya sebagai berikut: terdapat empat bentuk tindak ilokusi yaitu, bentuk yakni, asertif terdapat (1 data), bentuk tindak tutur ilokusi direktif terdapat (1 data), bentuk tindak tutur ekspresif (1 data), dan bentuk tindak tutur komisif (1 data). Selanjutntnya terdapat sepuluh fungsi tindak tutur ilokusi yakni, fungsi asertif memberitahu terdapat (3 data), fungsi menyatakan terdapat (3 data), fungsi menyarankan terdapat (2 data), fungsi mengeluh terdapatat (3 data). Fungsi ilokusi direktif yakni, fungsi memesan terdapat (1 data), fungsi memerintah terdapat (2 data), fungsi menasehati terdapat (1 data). Fungsi ilokusi ekspresif yakni, fungsi mengucapkan terima kasih (1 data), fungsi memuji (1 data) dan fungsi ilokusi komisif yakni, fungsi menawarkan (1 data). Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi asertif, direktif, komisif, dan ekspresif.

Abstract

Speech understanding does not depend on existing lexicons, but it requires the understanding context.  One of part that facilitates the understanding of literacy is speech action. The language contained in the advertisement needs to be examined in its literacy to understand that speech is sometimes not the same as what is spoken. The purpose of this research is to describe the form of illocutionary speech acts in radio advertisement 99.3 Toss FM Merduati Banda Aceh and describe the function of illocutionary speech acts in radio advertisements 99.3 Toss FM Merduati Banda Aceh. The method used in this study is a qualitative approach with a descriptive type. Based on the results of research obtained from the findings of researchers regarding the shape and function of illocutionary, including the following: there are four forms of illocutionary acts, namely, forms namely, assertive there are (1 data), directive illocutionary speech acts form (1 data), expressive speech acts (1 data), and forms of commissive speech acts (1 data). Furthermore there are ten functions of illocutionary speech acts namely, the assertive function tells there are (3 data), the function states there are (3 data), the function suggests there are (2 data), the function complains there are (3 data). The directive illocutionary function, namely the ordering function (1 data), the governing function is (2 data), the advisory function is contained (1 data). The expressive ilocutionary function is, the function of expressing gratitude (1 data), the function of praise (1 data) and the commissive illocutionary function namely, the function of offering (1 data). Conclusions in this study are that there are forms and functions of assertive, directive, commissive, and expressive illocutionary speech acts.

 

Keywords: Advertising, Speech Acts, Illocutionary

References

Chaer A. dan Agustina L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Nababan, PWJ. (1993). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Oka dan Suparno. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasetya, (2017). Tindak Tutur Pada Iklan Produk Makanan Cepat Saji Di Televisi Dan Implikasinya. Jurnal Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) No. 1 Volume 4.

Tarigan, Henry Guntur, (1986), Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Article Metrics
Abstract views: 504
pdf downloads: 668
Published
2019-07-31
How to Cite
Wahidah Nasution, & Efrima. (2019). ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM IKLAN RADIO 99,3 TOSS FM MERDUATI BANDA ACEH. Jurnal Metamorfosa , 7(2), 269-283. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/329
Section
Articles