TEKNIK PELUKISAN TOKOH DALAM NOVEL BULAN KERTAS KARYA ARAFAT NUR

  • Iba Harliyana Universitas Malikussaleh
  • Ayu Shella Universitas Malikussaleh
Keywords: Character Painting Techniques, Character

Abstract

The technique of character drawing is divided into two parts, namely the technique of painting a character directly and the technique of painting a character indirectly. This research aims to describe the character painting techniques used by Arafat Nur in his novel BulanKertas. The study was conducted using an objective approach and included in the descriptive analysis research. The collection technique used in this study is the reading collection technique. The results of the research found that Arafat Nur's novel contained the main characters namely Rafa and Naya and additional figures namely Kanafi, Afdal, Askan, Rafa's parents and Naya's parents, and Arafat Nur combines the techniques of direct character painting and indirect painting techniques. in his novel, in the indirect painting technique Arafat Nur uses eight techniques from nine indirect character painting techniques that have been explained by Nurgiyantoro, and each character in this novel has his own character painting technique, there are characters who are depicted using one technique but there are several figures who are depicted by combining several techniques in his painting. One data obtained can be analyzed by several techniques. The conclusion of this research is BulanKertas novel written by Arafat Nur using direct painting techniques and indirect painting techniques in making the self of a character.

Abstrak

Teknik pelukisan tokoh terbagi menjadi dua bagian, yaitu teknik pelukisan tokoh secara  langsung dan teknik pelukisan tokoh secara tidak langsung. penetian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik pelukisan tokoh yang digunakan Arafat Nur dalam novelnya BulanKertas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan objektif dan termasuk ke dalam penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik pengumpulan baca catat. Hasil dari penelitian yang ditemukan yaitu novel Arafat Nur terdapat tokoh utama yaitu Rafa dan Naya dan Tokoh tambahan yaitu Kanafi, Afdal, Askan, orang tua Rafa dan orang tua Naya, dan Arafat Nur menggabungkan antara teknik pelukisan tokoh secara langsung dan teknik pelukisan secara tidak langsung dalam novelnya, dalam teknik pelukisan secara tidak langsung Arafat Nur menggunakan delapan teknik dari sembilan teknik pelukisan tokoh secara tidak langsung yang telah dijelaskan oleh Nurgiyantoro, serta setiap tokoh dalam novel ini memiliki teknik pelukisan tokohnya masing­­­­­­-­masing, ada tokoh yang dilukiskan menggunakan satu teknik tetapi ada beberapa tokoh yang dilukiskan dengan menggabungkan beberapa teknik dalam pelukisannya. Satu data yang didapatkan dapat dianalisi beberapa teknik. Simpulan dari penelitian ini ialah novel Bulan Kertas yang dikarang oleh Arafat Nur menggunakan teknik pelukisan langsung dan teknik pelukisan tidak langsung dalam membuat kedirian dari seorang tokoh.

Kata Kunci: Teknik Pelukisan Tokoh, Tokoh

References

Alfian, Zuhra. 2014. Alnaisis Tokoh Dan Penokohan Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syah Kuala.

Amelia, Novita Rihi. 2010. “Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-Nilai Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata”. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Skripsi (internet). (http://digilib.uns.ac.id). Diakses 20 Maret 2019.

Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Bungki, Buce. Chrisanto Syam dan Sesilia Seli. 2015. “Teknik Pelukisan Tokoh dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono”. Pontianak: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Untan Pontianak. Jurnal.

Damono, Sapardi Djoko. 2015. Hujan Bulan Juni. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departermen Pendidikan Nasional. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Diono, Hana Riani Irma. 2017. “Pelukisan Tokoh Antagonis dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Implementasi Pembelajarannya Di SMA”. Skripsi (internet). (http://repositori.untidar.ac.id/). Diakses 20 maret 2019.

Hermawan, Asep. 2015. “Unsur Intrinsik Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Sebagai Alternatif Bahan Ajar Membaca di SMP”. Jurnal Riksa Bahasa Vol. 1, No. 2.

Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Bali: Pustaka Larasan.

Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarat: Taruna Grafika.

Minderop, Albertine. 2006. Metode Karakteristik Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pratama, Ricky dan MahmudBukhari. “Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek Siswa Kelas V Sd Negeri 16 Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2 No. 1, 103- 112 Januari 2017.

Nur Arafat.2017. Bulan Kertas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Sumardjo., Jakob. 2004. Seluk-Beluk dan Petunjuk Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pustaka Latifa.

Sumaryanto. 2019. Karya Sastra Bentuk Prosa. Semarang: Mutiara Aksara.

Surastina. 2018. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Article Metrics
Abstract views: 638
pdf downloads: 2823
Published
2020-01-31
How to Cite
Iba Harliyana, & Ayu Shella. (2020). TEKNIK PELUKISAN TOKOH DALAM NOVEL BULAN KERTAS KARYA ARAFAT NUR. Jurnal Metamorfosa , 8(1), 13-26. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.336
Section
Articles