ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA KARANGAN
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Analisis Kesalahan Pengunaan Ejaan pada Karangan Siswa Kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh”. Permasalahan pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengunaan ejaan pada karangan siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh?” Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data agar dapat mengetahui bagaimana pengunaan kaidah ejaan yang disempurnakan dalam penulisan karangan pada siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa. Jumlah populasi relative sedikit sehingga tidak diambil sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi (total sampling). Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Cut Mutia sudah mampu menulis karangan dengan mengunakan ejaan yang disempurnakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 28 karangan siswa, hanya 3 karangan saja yang tidak banyak terdapat kesalahan pengunaan huruf, dan pengunaan kata. Kesalahan yang paling banyak ditemukan pada karangan siswa meliputi: (1) penulisan huruf kapital, (2) pengunaan kata depan di, (3) pengunaan tanda titik dan tanda koma. Maka, pengujian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini tidak terbukti kebenarannya atau dengan kata lain ditolak.
References
Alwi, Hasan et al. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Idonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Anipudin, dkk. 2005. Cermat Berbahasa 2 Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosudur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Badudu, J. S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: Gramedia.
Chaer, Abdul. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Edisi Revisi. Jakarta: Rieneka Cipta.
___________ 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rieneka Cipta.
Depdikbud. 2005. Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan. Bandung: Pusaka Setia.
---------------. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Keraf, Gorys. 1990. Tata Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama. Ende Flores: Nusa Indah.
Pusat Bahasa. 1980. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Balai Pustaka.
----------------. 1996. Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Bahasa.
---------------. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Samsuri. 1991. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Sudjana. 1992. Metode Statistik. Bandung: Tirsito.
pdf downloads: 1300