GENRE DAN METAFUNGSI BAHASA PADA KHUTBAH ‘IDUL ADHA OLEH DR. TGK. H. RUSLI HASBI, LC, M.A. DI LAPANGAN HIRAQ - LHOKSEUMAWE

  • Ernawati Br Surbakti Politeknik Negeri Lhokseumawe
Keywords: Idul Adha, Realisasi, Klausa, Modalitas

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui genre dan metafungsi yang terdapat dalam Khutbah Idul Adha yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc. M.A. Di lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe. Penentuan sampel sumber data penelitian ini adalah teks ”Ukhuwah dan Kebersamaan dalam Pembangunan: Aplikasi Pemikiran Nabi Ibrahim di Idul Adha” yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc.M.A. dosen Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Penetapan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara menyeleksi sampel (dalam hal ini penulis menyeleksi arsif atau buku hasil ceramah keagamaan di Kota Lhokseumawe). Korpus yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah kumpulan kalimat yang tertulis dan telah dicetak oleh pemerintahan Kota Lhokseumawe yang bekerja sama dengan syariat Islam Kota Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik library research. Struktur genre bahasa khutbah ’Idul Adha 10 Zulhijjah 1429 H yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc. M.A adalah  genre eksposisi yang diawali oleh posisi, kemudian tesis, argumentasi yang begitu panjang untuk membuktikan kecintaan Nabi Ibrahim kepada Allah. Dan dijadikan contoh oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc. M.A untuk memberi saran serta nasihat buat jamaah agar terjalin ukhuwwah dan kebersamaan dalam pembangunan. Kemunculan realisasi klausa yang paling dominan adalah deklaratif positif  66,84% yaitu berupa kalimat-kalimat berita positif yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc.M.A. untuk memberikan pengalaman kepada pendengar dan realisasi klausa yang kedua diikuti oleh imperatif 29,34%  yaitu berupa perintah dan anjuran serta saran. Ketiga yaitu deklaratif negatif 3,80%, sedangkan interogatif 0% karena realisasi klausa pada wacana ini tidak muncul sama sekali. Kemunculan Modalitas dari realisasi modalitas wacana yang disampaikan oleh Dr. Tgk. H. Rusli Hasbi, Lc.M.A. modalitas yang paling dominan adalah modalitas keharusan derajat tinggi sebesar 3,80%, modalisasi keharusan derajat menengah sebesar 1,08%, modalisasi keharusan derajat rendah sebesar 2,71% dan dilanjutkan oleh modalisasi probabilitas, modalisasi probabilitas derajat tinggi menunjukkan sebesar 0,54%, modalisasi probabilitas derajat menengah sebesar 2,17%, dan modalisasi probabilitas rendah sebesar 0,54%.

References

Eggins, S. 2004. An Introduction to Systemic Functional Linguistics. New York: Continuum.

Fought, C. 2006. Language and Ethnicity. Cambridge: Cambridge University Press.

Fowler, R. B. Hodge, G. Kress dan T. Trew. 1979. Language and Control. London: Routledge dan Kegan Paul.

Halliday, M. A. K. 1979. Modes of Meaning and Modes of Expression: Types of Grammatical Structure, and their Determination by Different Semantic Functions. Dalam Allerton, E. Carney dan D. Holdcroft (eds) Function and Context in Linguistic Analysis. Cambridge: Cambridge University Press.

Halliday, M. A. K. 2004. An Introduction to Functional Grammar. Second edition. London: Edward Arnold.

Halliday, M. A. K. 2004. An Introduction to Functional Grammar. Second edition. London: Edward Arnold.

Leckie-Tarry, H. 1995. Language and Context: A Functional Linguistic Theory of Register.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. [Edisi Revisi] Bandung: Rosdakarya.

Saragih, A. 2005. Introducing Systemic Functional Grammar. FBS, Universitas Negeri Medan (tidak diterbitkan).

Saragih, A. 2006. Bahasa dalam Konteks Sosial: Pendekatan Linguistik Fungsional Sistemik terhadap Tata Bahasa dan Wacana. Medan: Pascasarjana Unimed Press.

Sinar, Tengku Silvana. 2010. Teori dan Analisis Wacana. Medan: Pustaka Bangsa Press.

Article Metrics
Abstract views: 202
pdf downloads: 1522
Published
2013-07-31
How to Cite
Ernawati Br Surbakti. (2013). GENRE DAN METAFUNGSI BAHASA PADA KHUTBAH ‘IDUL ADHA OLEH DR. TGK. H. RUSLI HASBI, LC, M.A. DI LAPANGAN HIRAQ - LHOKSEUMAWE . Jurnal Metamorfosa , 1(2), 1-21. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/82
Section
Articles