HIKAYAT INDRA BUDIMAN TELAAH NILAI-NILAI RELIGIUS

(Kajian Hermeneutika)

  • Khadijah STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Hikayat Indra Budiman, Nilai regelius

Abstract

Hikayat adalah jenis sastra Melayu lama Indonesia ditulis oleh pujangga untuk mengekspresikan buah pikirannya dituangkan dalam bentuk prosa dengan menggunakan bahasa Melayu, berisi ceritera rekaan bukan peristiwa sebenarnya berfungsi sebagai pelipur lara. Berbeda dengan pengertian Hikayat Aceh, karya sastra ini dikarang oleh pujangga ulama, menggunakan bahasa Aceh disusun dalam bentuk puisi sanjak, isinya bukan fiksi dan legenda semata, akan tetapi pendidikan moral dan ajaran agama, fungsinya sebagai pembangkit semangat jihad, estetis, hiburan, pendidikan  dan pemberantasan buta huruf. Jarang ditemui di Indonesia yang menulis hikayat dalam bentuk puisi bersanjak kecuali daerah Aceh sendiri. Aceh daerah unik dan pendobrak awal. Hamzah Fansuri perintis pertama bahasa Melayu di Nusantara, Ar-Raniry penulis ilmu perbandingan agama pertama di Nusantara Abdurrauf Singkil penulis tafsir pertama di Nusantara, dan Tgk. H. Mahjiddin Yusuf penerjemah Al-Qur’an bersanjak bahasa, daerah pertama di Indonesia. Begitu pula sastra hikayatnya merupakan novel puisi atau novel bersanjak yang jarang ditemui di daerah Indonesia lainnya. Berdasakan kenyataan itu, dilakukan penelitian Hikayat Indara Budiman telaah  nilai –nilai regelius kajian hermaneutika. Rumusan  masaalah : Bagaimanakah nilai –nilai regelius dalam hikayat Indra Budiman? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengungkapkan nilai - nilai  regelius dalam hikayat Indra Budiman dengan kajian hermaneutika.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studio dukumentasi karena sumber data penelitian ini berupa dokumen. Istrumennya berupa instrument manusia, Yakni diri peneliti dan pedoman pengumpulan data. Untuk menjaga kesahihan data dilakukan dengan mengunakan model interaktif-dialektis yang didalamnya melibatkan tiga kegiatan analisis yang dilakukan secara serempak, bolak-balik, dan berkali-kali, yaitu kegiatan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verikfikasi.Dari hasil penelitian penulis menemukan nilai –nilai regelius  dalam hikayat Indra Budiman karya Nyak Tihawa mencakup pokok-pokok nilai Allah, (2) takwa, (3)ikhsan, (4) syukur, (5) percaya pada kadha dan kadar dari Allah.  Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan   nilai –nilai regelius  dalam hikayat Indra Budiman karya Nyak Tihawa sangat kuat dipengaruhi oleh ajaran Islam.

References

Amir, H. 1986. Nilai-nilai Etis dalam wayang dan Pendidikan Watak Guru Disertasi. Malang: Pascasarjana IKIP Malang.

Arsyady, Nyak Tihawa. 1969. Hikayat Indra Budiman.Bireuen: Pustaka Mahmudiyah.

Baker, A. 1986. Metodelogi Kuantitatif. Yogyakarta: FPS. Universitas Gajah Mada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Koentjaraninngrat. 1989. Metode-Metode Penelitian Masyarakat.Jakarta: Gramedia.

Salamah, Umi.2001. Nilai-Nilai Moral dalam kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail. Tesis tidak diterbitkan Malang: Universitas Negeri Malang.

Sumaryono, E. 1999. Hermeuneutik:Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Article Metrics
Abstract views: 2032
pdf downloads: 1031
Published
2013-07-31
How to Cite
Khadijah. (2013). HIKAYAT INDRA BUDIMAN TELAAH NILAI-NILAI RELIGIUS : (Kajian Hermeneutika). Jurnal Metamorfosa , 1(2), 22-32. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/83
Section
Articles