PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK TEKS DRAMA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE
Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah yaitu 1) bagaimana peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama pada siswa kelas VIII SMP Islamic Solidarity School tahun ajaran 2012/2013 setelah mendapat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, dan 2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII SMP Islamic Solidarity School tahun ajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Penelitian ini menggunakan desain penilitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi atau pengamatan, dan tahap refleksi. Berdasarkan analisis hasil penelitian, kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama siswa kelas VIII SMP Islamic Solidarity School tahun ajaran 2012/2013 menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dari siklus I ke siklus II sebesar 12,54 atau 19,86 % dari rata-rata pada siklus I sebesar 63,15 menjadi 75,59. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share semakin baik. Peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama siswa kelas VIII SMP Islamic Solidarity School tahun ajaran 2012/2013 juga diikuti dengan perubahan perilaku belajar siswa yang semakin baik. Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya peningkatan perilaku belajar tersebut. Adapun perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa yaitu siswa semakin aktif dan antusias dalam belajar, tanpa ada tekanan, dan lebih termotivasi untuk terus berlatih menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan baik serta memberi respon positif terhadap pembelajaran think-pair-share yang diterapkan peneliti dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik teks drama.
References
Akhaidah, Sabarti dkk. 1996. Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Alwi, dkk. 2003. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Aminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Algensindo.
Arintoko.2004. Keterampilan Menulis Puisi Diaphan siswa kelas V SD PL SantoYusup Semarang melalui Metode Karya Wisata 2003/2004”.Skripsi. Universitas negeri Semarang.
Badrun, Ahmad. 1989. Teori Puisi. Jakarta: P2LPTK.
_____________.1993. Teori Puisi. Jakarta: Erlangga.
Baribin, Raminah. 1990. Teori dan Apresiasi Puisi. Semarang. IKIP Semarang Press.
Badan Standar Nasional Pendidikan.2006.Standar Isi.Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan.
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
_________. 2004. Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP Bahasa dan Sastra: Pengembangan Keterampilan Menulis II Ulasan, Teks Berita, Teks Pidato/Ceramah, Pengalaman.Jakarta: Depdiknas.
Endraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, Mengerjakan Sastra.Yogyakarta: Kota Kembang.
Fatoni. 2002. Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Karya Wisata Pada Kelas II MA. Nahdlatus Syibban Sayung Kabpaten Demak.Skripsi. Universitas Negeri semarang.
Fauziyah, Gamar. 2006. Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 16 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
pdf downloads: 2821