KEKERABATAN BAHASA KARO, MINANG, DAN MELAYU

(Kajian Linguistik Historis Komparatif)

  • Ernawati Br Surbakti Politeknik Negeri Lhokseumawe
Keywords: Kekerabatan, Bahasa Karo, Bahasa Minang, Bahasa Melayu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekerabatan antara bahasa Karo, bahasa Minang dan bahasa Melayu. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif (teknik leksikostatistik). Dalam metode kuantitatif ini dicari persentase kognat dari sejumlah (100-200) kosa kata dasar swadesh. Metode kuantitaif dengan leksikostatistik akan menghasilkan pohon diagram kekerabatan bahasa. Dari hasil perhitungan leksikostatistik pada tataran leksikon diketahui bahwa, (1) BK dengan BMi merupakan bahasa yang berbeda karena berada dalam kelompok rumpun (stok) (31 %), (2) BK dengan BMe juga merupakan bahasa yang berbeda karena berada dalam kelompok rumpun (stok) (26%), dan (3) BMi dengan BMe merupakan bahasa yang se-Keluarga (family) (66%).

References

Bellwood, Peter. 2000. Prasejarah Kepulauan Indo-Malay. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Umum.

Crowley, Terry. 1997. An Introduction to Historical Linguistics. Oxford: Oxford University Press.

Keraf, Gorys. 1991. Penetapan Negeri Asal Bahasa-Bahasa Austronesia. Jakarta: Pidato pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap pada Fakultas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. [Edisi Revisi] Bandung: Rosdakarya.

Panggabean, Himpun. 1994. Telaah Bahasa-Bahasa Batak Dari Segi Leksikostatistik. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran. Bandung.

Sugondo, D. (Kepala Pusat Bahasa 2010).“Bahasa Daerah di Indonesia”. (online) http: //bahasa-nusantara.blogspot.com. diakses kamis 3 februari 2011.Sumber kompas.com.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Trask, R.L. 2000. The Dictionary of Historical and Comparative Lnguistics. Edinburg: Edinburg University Press.

Woollams, Geoff. 2004. Tata Bahasa Karo. Medan: Bina Media Perintis.

Article Metrics
Abstract views: 993
pdf downloads: 1300
Published
2014-01-31
How to Cite
Ernawati Br Surbakti. (2014). KEKERABATAN BAHASA KARO, MINANG, DAN MELAYU: (Kajian Linguistik Historis Komparatif). Jurnal Metamorfosa , 2(1), 1-21. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/91
Section
Articles