UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII.I SMP NEGERI 16 BANDA ACEH

  • Sawiyah SMP Negeri 16 Banda Aceh
Keywords: Pendekatan kontektual, meningkatkan kemampuan, menulis siswa

Abstract

Tujuan dari Penelitian tindakan Kelas (PTK) ini adalah unutk meningkatkan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi. Tahapan penelitian ini meliputi : (1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMPN 16 Banda Aceh yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 18 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali tatap muka. Data setiap siklus diperoleh dari tes menulis, catatan hasil pengamatan, catatan lapangan guru peneliti, nilai hasil post test dan tugas rumah siswa. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Dari analisis data diperoleh hasil postes siswa pada masing-masing siklus yaitu siklus I rata-rata siswa belum berhasil, nilainya di bawah 75 dan siklus 2 rata-rata berhasil dan nilainya di atas 75. Dari siklus 1 dan 2 terjadi peningkatan yang cukup berarti yaitu 77 dan 92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menulis siwa.

References

Anindyarini, Atikah dan Sri Ningsih. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Pembukuan Depdiknas.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). 2007. Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional RI No.41 Tahun 2007.

Dwi Lestari, Endang dkk. 2005. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Klaten: Intan Pariwara.

Delik, Iskandar dan Endang Jahruddin. 2005. Cermat Berbahasa Indonesia I Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Jakarta : PT. Tiga Serangkai.

Indrawati, Dewi dan Didik Durianto. 2008. Aktif Berbahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Pembukuan Depdiknas.

Nurhadi, Dr,M.Pd. 2002. Pendekatan Kontekstual (CTL). Malang: Universitas Negeri Malang.

Purwadarminta, W.Y.S. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suryandaru, Anindito. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Jakarta: Aneka Ilmu.

Article Metrics
Abstract views: 9
pdf downloads: 21
Published
2014-01-31
How to Cite
Sawiyah. (2014). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII.I SMP NEGERI 16 BANDA ACEH. Jurnal Metamorfosa , 2(1), 22-34. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/93
Section
Articles