MODEL PEMBELAJARAN LARI CEPAT BERBASIS PERMAINAN USIA 10-12 TAHUN

  • Muhammad Rizwan Universitas Negeri Jakarta
  • Bambang KS Universitas Negeri Jakarta
  • Fahmy Fachrezzy Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Model, Learning, Sprint, Game

Abstract

The goal to be achieved from this research and development is to produce a learning model of sprint based game for 10-12 year olds. This research and development is conducted to get information about the development and implementation learning model of sprint based game for 10-12 year olds and to know the effectiveness of the resulting model. This research uses Research & Development (R & D) method from Borg and Gall. Subjects in this study were primary schoolage 10-12 year old of 62 children.The steps in this study are: needs analysis, expert evaluation (initial product evaluation), small group trial, and field testing. The model effectiveness test uses the sprint 30 meters test which is used to know the level of basic motion sprint of the child before and after the treatment of learning model of sprint model developed. Preliminary tests performed obtained level of basic motion sprint of students is 61.44. After given treatment learning model of sprint model obtained level of basic motion sprint of students 71.61. On the significant test the difference with spss 16 obtained mean = -1016 shows the difference of pre-test results and post-test results, t-hitung = 7.449 df = 35 and p-value = 0.00<0.05 which means there is a significant difference between before and after being given a modeling practice of learning model of sprint. This the learning model of sprint based game for 10-12 year olds is effective for improving basic motion sprint for 10-12 year olds.

 

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model pembelajaran lari cepat berbasis permainan usia 10-12 tahun. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan dan penerapan model pembelajaran lari cepat berbasis permainan usia 10-12 tahun serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SD usia 10-12 tahun yang terdiri dari 62 anak. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah : analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar ( field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes lari 30 meter yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan gerak dasar lari cepat anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model pembelajaran lari cepat yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan gerakdasarsiswa adalah 61.44. Setelah diberikan perlakuan model pembelajaran lari cepat didapatkan tingkat kemampuan gerakdasarlaricepat71.61. Pada uji signifikan perbedaan dengan spss 16 didapatkan mean= -1.016 menunjukan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= 7.449 df=35 dan p-value= 0.00< 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran lari cepat. Dengan demikian  model pembelajaran lari cepat berbasis permainan usia 10-12 tahun efektif untuk meningkatkan gerak dasar lari cepat anak usia 10-12 tahun.

Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Lari Cepat, Permainan

References

Elizabeth Hurlock. (2013). Perkembangan Anak. Bandung: Pustaka

Yasmin, Martinis. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi,Jakarta: Gaung Persada

Darmadi, Hamid. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Muller, Harald. (2005). Run Jump Throw, Level 1 IAAF. Knightsbridge, England: Development Programe

I Made Tegeh, I Nyoman Jampel, Ketut Pudjawan. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yugyakarta: Graha Ilmu

Gunawan, Imam. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

James Tangkudung. (2016). Macam-Macam Metodologi Penelitian Uraian dan Contohnya.Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia

John W. Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Erlangga

Mayke S. Tedjasaputra, Mayke. S. (2007). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Walter R. Borg, and Meredith D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, 4th Edition. New York: Longman Inc.

Walter Dick, Lou Carey dan James O. Carey. (2009). The Systematic Design of Instruction.New York: Allyn & Bacon. Published by Allyn and Bacon. Boston

Article Metrics
Abstract views: 227
pdf downloads: 420
Published
2019-10-31
How to Cite
Muhammad Rizwan, Bambang KS, & Fahmy Fachrezzy. (2019). MODEL PEMBELAJARAN LARI CEPAT BERBASIS PERMAINAN USIA 10-12 TAHUN. Jurnal Penjaskesrek, 6(2), 159-168. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v6i2.890
Section
Articles