PERANAN ORANGTUA, GURU, DAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

  • Durachman SDN Cilembu
  • Zaki Al Fuad STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Morality Deterioration, Parent, Teacher, Peer Modelling, Character Education

Abstract

Moral deterioration of a nation is caused by lack of character education in its people.  It is found that social infraction, immoral infraction, and free sex has become a culture and habit.  It seems that a child considered these morality infractions as usual thing for him/her.  Thus, where this nation will go? The next generation as realization of struggle in doing improvement and the maintenance of the truth which based on honesty should be given firm foundation by character education which is started from parent, teacher and peer modelling in their neighbourhood. Parent modelling become first and main factor in children’s character education, because parent is closest persons with their personality in the whole. Then teacher “is obeyed and imitated”, which means children will see example from teacher modelling in learning routine in elementary school, while peers in neighbourhood as second realization who will build a life morality.  Good or bad morality depended on who is their closest friend. Parent, teacher, and peer in children neighbourhood should be able to become good modelling in order to give motivation, inspiration in children’s character education toward 2045 golden Indonesia.

 

Abstrak

Terjadinya keterpurukan moralitas suatu bangsa disebabkan lunturnya pendidikan karakter pada rakyatnya. Banyak ditemukan pelanggaran sosial, pelanggaran asusila, pergaulan bebas yang sudah membudaya dan terbiasa. Seakan-akan seorang anak sering menemukan pelanggaran moralitas tersebut menjadi hal yang biasa dalam dirinya. Maka, akan dibawa kemana arah bangsa ini? Generasi penerus bangsa, tunas-tunas harapan sebagai wujud perjuangan dalam melakukan sebuah perbaikan serta tegaknya kebenaran yang berladaskan kejujuran seharusnya diberikan pondasi yang kokoh dengan pendidikan karakter yang dimulai dari keteladanan orangtua, guru, dan teman di lingkungannya. Keteladanan orangtua menjadi faktor yang pertama dan utama dalam pendidikan karakter anak, karena orangtua merupakan orang yang paling dekat dengan kepribadiannya secara utuh, kemudian guru “digugu dan ditiru” yang berarti anak akan melihat contoh dari keteladanan seorang guru dalam rutintas pembelajaran di sekolah dasar, sedangkan teman di lingkungan sebagai perwujudan kedua yang akan menunjang sebuah pendidikan moralitas kehidupan, baik buruknya moralitas anak tergantung siapa teman yang berada didekatnya.  Orangtua, guru, dan teman di lingkungan anak harus mampu menjadi teladan yang baik sehingga dapat memberikan motivasi, insfirasi dalam pendidikan karakter anak dalam rangka menuju Indonesia emas 2045.

Kata Kunci: Keterpurukan Moralitas, Ketauladanan Orangtua, Guru, Teman Membangun Pendidikan Karakter

References

Akhmadi, (2009). Konsep Keluarga. [online]. Tersedia: http://rajawana.com/artikel/pendidikan-umum/391-konsep-keluarga.html. [4 Mei 2011]

Budiamin, A. Hafidz, D.H. Daim (2006) Perkembangan Peserta Didik. Bandung: UPI PRESS

Hasbullah, N. (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Irani, D. (2014). Seribu Satu Kesalahan Dalam Mendidik Anak. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Lickona, T. (2012) Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2011). Pendidikan dalam Lingkungan Keluarga. [online]. Tersedia:http://id.shvoong.com/socialsciences/education/2118664-pendidikan-dalam-lingkungan-keluarga [8 April 2011]

Sadulloh, U., Robandi, B., dan Muharam, A. (2007). Pedagogik. Bandung: Cipta Utama.

Santrock, J.W. (2007) Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Santrock, J.W. (2012) Lipe Span Depeloopment: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Tirtarahardja, U. dan Sulo, S. L. L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract views: 917
pdf downloads: 993
Published
2020-02-29
How to Cite
Durachman, & Zaki Al Fuad. (2020). PERANAN ORANGTUA, GURU, DAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa , 7(1), 98-105. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.979
Section
Articles