PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS

  • Agung Rinaldy Malik Universitas Negeri Jakarta
  • Emzir Emzir Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Sumarni Universitas Negeri Jakarta
Keywords: strategy, learning, mobile learning, german language

Abstract

This research aims for knowing the impact toward the strategies of learning such as mobile learning and the mastery of visual learning toward the ability students about German vocabulary.  This research is using quantitative and method of experiment with analysis Anava two lines. The sample of this research using random sampling as the result, it can be determined with two groups of sample at class XI SMA Negeri 1 Maros that are class XI IPA 1 as the class which used as experiment and XI IPA 2 as control class. The result of this research shows that there are the impact significantly toward the mastery of German language between the group of learning strategy mobile learning Lern Deutsch Goethe Institut  and Instagram to the learning visual style of student. From this analysis it can be concluded that the value Qcount A1B-A2B = 4.33. From the table of Critical Value Q (Tukey) with α = 0.05, k = 4 and n = 11 Related to the value of Qtable (0.05; 4; 11) = 4.26. Because Qcount A1B-A2B = 4.33> Qtable = 4.26 or H0 is rejected, the mastery of the German language for groups of students who are given by the strategy of learning from Mobile Learning Lern Deutsch Goethe Institute and the student who has a learning visual style more higher (33,36) than the group of students who are given by the strategy of learning with Mobile learning Instagram (29.64) who has a learning visual style.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran mobile learning dan gaya belajar visual terhadap penguasaan kosakata bahasa jerman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen mengguanakan analisis Anava dua jalur. Sampel penelitian menggunakan random sampling sehingga dapat ditentukan dua kelompok sampel di Kelas XI SMA Negeri 1 Maros yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan: bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penguasaan bahasa Jerman antara kelompok startegi pembelajaran mobile learning Lern Deutsch Goethe Institut dan Instagram terhadap gaya belajar visual siswa. Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai Qhitung A1B-A2B = 4,33. Dari tabel Critical Values Of Q (Tukey) dengan α = 0,05, k = 4 dan n = 11 diketahui nilai Qtabel (0,05; 4; 11) = 4,26. Karena Qhitung A1B-A2B = 4,33 > Qtabel = 4,26 atau H0 ditolak, maka penguasaan bahasa Jerman kelompok siswa yang diberi strategi pembelajaran Mobile Learning Lern Deutsch Goethe Institut dan yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi (33,36) daripada kelompok siswa yang diberi strategi pembelajaran Mobile Learning Instagram (29,64) yang memiliki gaya belajar visual.

Kata Kunci: strategi, pembelajaran, mobile learning, bahasa jerman

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII. (2017). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia. Jakarta.

Awing, I., & Saleh, N. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1).

Bire, L. A., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran (JK). Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/128164/pengaruh-gaya-belajar-visual-auditorial-dan-kinestetik-terhadap-prestasi-belajar.

Darna., & Kemal, I. (2015). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 11 tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh utara. Jurnal Tunas Bangsa, vol 2, No 2, 41-66. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/611.

Gatch, D.B. (2010). Restructuring Introductory Physics by Adapting an Active Learning Studio Model. International Journal for The Scholarship of Teaching and Learing, Vol 4 No 2.

Goethe, I. (1961). Tentang kami - Goethe-Institut Indonesien. Retrieved March 16, 2019, from https://www.goethe.de/ins/id/id/ueb.html.

Hasrar., Dalle, A., Misnawaty, U. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. 2(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i2.6755. https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/6755.

Hidayat, H. (2013). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Media Gambar Siswa Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Makassar. Jurnal nalar Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.26858/jnp.v1i1.1933. https://www.ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1933.

Mariona., & Ahmad, A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 147–155.

McGreen, N., & Sanchez, I. A. (2010). Mapping Challenge: A Case study in The Use of Mobile Phones in Collaborative, Contextual Learning. IADIS International Conference Mobile Learning, pp 213-217.

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektf. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246 . http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/246.

Nethercott, K., Marianti, R., & Hunt, J. (2010). Gender Equality Results in ADB Projects. Manila: Asian Development Bank.

Ogawa, A. (2011). Facilitating Self-Regulated Learning: An Explotary Case of Teaching a University Course of Japanese Society. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Vol 23, no 2, pp 166-174.

Rahmawari, I. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Bahasa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas VII Semester II Di Mts N Galur. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sahin, A. (2010). Effects of Jingsaw II Technique on Academik Achievement and Attitudes to Written Expression Course. Educational Research and Reviews, Vol 5 no 12, pp 777-787.

Sangra, A., & Gonzales, S. M. (2010). The Role of Information and Communication Technologies in Improving Teaching and Learning Processes in Primary and Secondary Schools. ALT-J Research in Learning Technology. Volume 18, Number 3., 207-220.

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak ( Visual , Auditorial , Kinestetik ) Mahasiswa Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–12.

Ulfa, M. (2017). Hubungan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sd Negeri 10 Metro Timur. Universitas Lampung.

UNESCO. (2002). Information and Communication Technology in Education. (J. Anderson & T. Weert, Eds.). France.

Article Metrics
Abstract views: 3644
pdf downloads: 3297
Published
2020-06-30
How to Cite
Agung Rinaldy Malik, Emzir, E., & Sri Sumarni. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1090
Section
Articles