KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN NAGAN RAYA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN NAGAN RAYA
Abstract
The Nagan Raya Education Office is the implementing element of regional autonomy in government affairs in the education sector . The purpose of this research is to determine: program planning, program implementation mechanisms, program evaluation and the obstacles faced by the Education Office in improving the quality of education in primary schools in Nagan Raya District. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The research results show that: (1) The Education Office makes policies in accordance with the results of the work meeting or existing regulations in the Nagan Raya Education Office . (2) The mechanism pelaks anaan program that sealed sanakan by the Education Department Nagan Raya is executed in accordance with the policies made by the Department of Education Nagan Raya or through good management is by way of carrying out the planning, organizing, actuating and controlling . (3) The evaluation carried out by the Nagan Raya Education Office iscarried out comprehensively by focusing on any problems or gaps that occur in each program. (4) The main obstacle that the Nagan Raya Education Office finds in contributing to its education is the Political Will of the Nagan Raya Regent and the deficit in the regional budget.
Abstrak
Dinas Pendidikan Nagan Raya adalah sebagai unsur pelaksana otonomi daerah pada urusan pemerintahan di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: perencanaan program, mekanisme pelaksanaan program, evaluasi program dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah dasar di Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dinas Pendidikan membuat kebijakan sesuai dengan hasil raker atau aturan yang ada di Dinas Pendidikan Nagan Raya. (2) Mekanisme pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Nagan Raya dijalankan sesuai dengan kebijakan yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Nagan Raya atau melalui manajemen yang baik yaitu dengan cara melaksanakan planning, organizing, actuating dan controlling. (3) Evaluasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Nagan Raya dilaksanakan dengan komprehensif dengan berfokus pada setiap masalah atau kesenjangan yang terjadi pada setiap program. (4) Hambatan utama yang ditemukan Dinas Pendidikan Nagan Raya dalam memberikan kontribusinya pendidikannya adalah Political Will dari Bupati Nagan Raya serta defisitnya anggaran daerah.
Kata Kunci: Kebijakan Dinas Pendidikan, Mutu, Pendidikan
Downloads
References
Awaluddin dan Hendra. (2018). Fungsi Manajemen dalam Pengadaan Infrastruktur Pertanian Masyarakat di desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. [online] Volume 2, Nomor 1. Tersedia: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/pub/article/download/ 10037/7986
Badrudin. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta
Darodjat dan Wahyudhiana. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. [online] Volume 14, Nomor 1. Tersedia: http://jurnalnasional.ump.ac.id /index.php/ ISLAMADINA /article/view/1665/1410
Fadhli, Muhammad. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. [online] Volume 1, Nomor 02. Tersedia: http://journal.iaincurup .ac.id/index.php /JSMPI /article/view/295.
Ferdiansyah. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Herya Media
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mustari, Mohamad dan Taufiq Rahman. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafika Persada
Rifa’i, Muhammad. (2019). Manajemen Organisasi Pendidikan. Medan: CV Humanis
Rusniati. (2015). Pendidikan Nasional Dan Tantangan Globalisasi. [online] Volume 16, Nomor 1, Tersedia: https://media.neliti.com/media/ publications /136840-ID-pend idika n-nasional-dan-tantangan-global.pdf
Sarinah. (2017). Pengantar Manajemen. DEEPPUBLISH: Yogyakarta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Syamsuddin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. [online] Volume 1, Nomor 1. Tersedia: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/4084/ 3773
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2017). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Utami, Ima Wahyu Putri dan Ichsan Anshori. (2018). Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang: Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
pdf downloads: 458