SELF EFFICACY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM KONSELING KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK SMA

  • Theodora Nurmalia Universitas Negeri Jakarta
  • Dini Choirunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Wirda Hanim Universitas Negeri Jakarta
  • Happy Karlina Marjo Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Individual differences in age backgrounds that are almost the same show a very diverse appearance, ability, temperament, interests and attitudes. Individual differences include physical and mental. Teachers need to know the individual differences of students who have intellectual, thinking, and personality abilities and other things related to psychomotor so that teachers can understand the various desires, needs, and problems of students. Self-efficacy is self-confidence in carrying out tasks responsibly, making efforts by considering one's abilities, planning for the future, and controlling oneself in accepting pressure, and controlling situations that cannot be predicted. Group counseling as one of the guidance and counseling services that can be relied upon in alleviating the problems faced by students, especially by using the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach in increasing self-efficacy. This study aims to determine the self-efficacy of high school students through the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach in group counseling. The results showed that self-efficacy had a very significant relationship between family social support and self-regulated learning, adolescent adjustment, learning motivation, mathematics learning achievement, and communication skills.

Abstrak

Perbedaan individual pada latar belakang usia yang hampir sama menunjukkan  penampilan, kemampuan, temperamen, minat dan sikap yang sangat beragam. Perbedaan individual mencakup jasmaniah dan mental. Guru perlu mengetahui perbedaan individual peserta didik yang memiliki kemampuan intektual, berpikir, dan kepribadian serta hal lain yang berkaitan dengan psikomotorik sehingga guru dapat memahami berbagai keinginan, kebutuhan, dan masalah peserta didik. Self efficacy merupakan keyakinan diri dalam menjalani tugas dengan penuh tanggung jawab, melakukan upaya dengan mempertimbangkan kemampuan diri, merencanakan masa depan, dan mengontrol diri dalam menerima tekanan, serta mengontrol situasi yang tidak dapat diprediksi. Konseling kelompok sebagai salah satu layanan bimbingan dan konseling yang dapat diandalkan dalam mengentaskan masalah yang dihadapi oleh peserta didik, khususnya dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self eficacy pada peserta didik SMA melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam konseling kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self eficacy memiliki hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning, penyesuaian diri remaja, motivasi belajar, prestasi belajar matematika, serta keterampilan komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adicondro, Nobelina & Alfi Purnamasari. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Kelompok, dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. Vol. VIII, No.1, Januari. Universitas Ahmad Dahlan: Humanitas.

Chariri, Anis. 2009. Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Undip: Discussion Paper (unpublished).

Dirjen PMPTK. 2007. Rambu – Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewangga, Irsan, dkk. 2018. Penggunaan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Kepercayaandirian pada Siswa. Skripsi: Universitas Lampung.

Edmawati Mahmuddah, dkk. 2018. Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Body Dysmorphic Disorder. Vol. 3, No. 8 (1076 – 1079). Jurnal Pendidikan.

Fitriani, Novi, dkk. 2016. Penerapan Teknik Dispute Cognitive dalam Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Resiliensi pada Mahasiswa. Vol. 5, No. 1, Juni. Jurnal Bimbingan & Konseling UNJ: Insight

Gunarsa, Yulia S.D. dan Singgih, D. Gunarsa. 2017. Psikologi Remaja. Jakarta: Libri.

Habsy, Bakhrudin. 2018. Konseling Rational Emotive - Perilaku. Vol. 1, No. 2 Januari. Journal of Educational Counseling.

Khaira, Imalatul, dkk. 2017. Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Anak Asuh di Panti Asuhan Wira Lisna Padang. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik).

Khotimah, Nikmatul. 2013. Penggunaan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Berinteraksi Sosial Siswa Madrasah Aliyah Purwosari, Kediri. Vol. 1, No. 1, Hal. 166-173 Januari. Journal Bimbingan dan Konseling.

Kurniawan. 2012. Intervensi Integrasi Perubahan Perilaku (IIP) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas VII. Skripsi: UMS.

Kurniyawati, Rita. 2012. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi: Univeritas Muhammadiyah Surakarta.

Lodjo, Fernando Stefanus. 2013. Pengaruh Pelatihan, Pemberdayaan dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja. Vol. 1. No.3. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi.

Nurihsan, Juntika. 2003. Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Mutiara.

Nursalim, Mochamad. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Nursito, Sarwono & ASN Jati. 2013. Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Intensi Kewirausahaan. Vol.5, No.3. Jurnal Unwidha: Kiat Bisnis.

Pratiwi, Pradipta Christy, dkk. 2012. Perilaku Adiksi Game Online ditinjau dari Efikasi Diri Akademik dan Keterampilan Sosial pada Remaja di Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret: Candrajiwa.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES.

Puspito, Triyoso. 2015. Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Positif pada Siswa Kelas VIII MTsN Sale Rembang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Putra, Sofwan Adi, dkk. 2013. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Vol. 2, No.2 Juni. Jurnal Ilmiah Konseling: KONSELOR.

Rahma, Ayu Nuzulia. 2011. Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Vol.8, No.2, Hal. 231-246. Jurnal Psikologi Islam.

Rustika, I Made. 2012. Efikasi Diri: Tinjauan Teori. Vol. 20. No. 1-2 (18-25). Fakultas Psikologi UGM: Buletin Psikologi.

Sari, Eva Kartika dan Laily. 2016. Keefektifan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Self Esteem Mahasiswa. Vol. 1, No. 2 (101-106). Jurnal Konseling Indonesia.

Sink, Christopher. 2002. Applying APA’s Learner – Centered Principles to School – Based Group Counseling. Vol. 6. No. 1. ASCA: Profesional School Counseling.

Setiawan, M.Andi. 2015. Model Konseling Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Self Efficacy Akademik Siswa. Vol. 4, No. 1. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: KENCANA.

Sunawan. 2009. Bimbingan Konseling Belajar. Semarang: UNNES.

Tahir, Andi dan Dede R. 2016. Pengaruh Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Vol. 3, No. 1 (259-270). Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Tyas, Prias Hayu. 2015. Pendekatan Naratif dalam Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mengelola Emosi. Vol. 1, No. 2 (107-117). Jurnal Fokus Konseling.

Wardani, Deta Shinta Kusuma. 2012. Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa. Vol.1, No.2, Juni. Fakultas Psikologi Airlangga Surabaya: Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan.

Wardiati, Winda. 2017. Penerapan Pendekatan Konseling kelompok Rational Emotive Perilaku (KREP) untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas VII G di SMP Negeri 5 Pamekasan. Vol. 7, No. . Jurnal: BK Unesa.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Widyaninggar, Anggi Ajeng. 2014. Pengaruh Efikasi Diri dan Locus Kendali (locus of control) terhadap Prestasi Belajar Matematika. Vol. 4, No.2, Hal. 89-99. Jurnal Pendidikan MIPA: Formatif.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zulkaida, Anita, dkk. 2007. Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karir Siswa SMA. Vol. 2. Proceeding: PESAT
Article Metrics
Abstract views: 1945
pdf downloads: 1745
Published
2020-12-31
How to Cite
Nurmalia, T., Choirunnisa, D., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2020). SELF EFFICACY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM KONSELING KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK SMA. Visipena, 11(2), 404-415. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1298
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)