BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN SAYA BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK

  • Maslikhah Maslikhah Universitas Negeri Jakarta
  • Ihsan Nurkholis Universitas Negeri Jakarta
  • Happy Karlina Marjo Universitas Negeri Jakarta
  • Wirda Hanim Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Group Guidance, My Responsible Training, Academic Achievement

Abstract

Academic achievement is the achievement of all student degrees. Academic achievement in the field of academic education, is a special level of acquisition or results of academic work skills that are assessed by teachers, through standardized tests, or through a combination of both (Chaplin, 2001). For a child, learning something interesting for him will be easier to be accepted and understood. In terms of interest, someone who has an interest in a field will be easy in studying the field. Based on this interest, the counseling teacher can use group guidance services with my practice techniques to be responsible for motivating and feeling confident in improving their academic performance.

Abstrak

Prestasi akademik adalah Pencapaian seluruh hasil belajat peserta didik. Prestasi akademik dalam bidang pendidikan akademik, merupakan satu tingkat khusus perolehan atau hasil keahlian karya akademik yang dinilai oleh guru-guru, lewat tes yang dibakukan, atau lewat kombinasi kedua hal tersebut (Chaplin,2001). Bagi seorang anak, mempelajari sesuatu hal yang menarik bagi dirinya akan lebih mudah untuk diterima dan dipahami. Dalam hal minat, seseorang yang menaruh minat pada suatu bidang akan mudah dalam mempelajari bidang tersebut. Dengan berdasarkan minat tersebut guru bimbingan konseling bisa menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan saya bertanggung jawab untuk memotivasi dan merasa percaya diri dalam meningkatkan prestasi akademiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baghdad Afero Adman. (2016). Peran kecerdasan emosional sebagai faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa

Corey, Gerald. (2009). Teori dan Praktik Konseling&Terapi. Bandung: PT Refika Aditama

Darwis, SD. (2003). Metode penelitian kebidanan : prosedur, kebijakan, dan etik. (Editor Monica Ester). Cetakan I. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Djamarah, SB. (2002). Rahasia sukses belajar. Cetakan I. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ginting, C. (2003). Kiat belajar di perguruan tinggi. Edisi II. Jakarta : PT Grasindo.

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Jakarta : Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract views: 37
pdf downloads: 42
Published
2020-12-31
How to Cite
Maslikhah, M., Nurkholis, I., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2020). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN SAYA BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK. Visipena, 11(2), 442-448. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1301
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)