PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI KOTA AMBON PROVINSI MALUKU

  • Janse Tresia Leimena Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Zulaikha Universitas Negeri Jakarta
  • Heru Santosa Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Job Performance, leadership , and motivation

Abstract

This study aims to prove the relationship between leadership and teacher motivation on performance. . This study uses a survey method with a quantitative approach that explains causal relationships or correlations commonly called path analysis. The survey was conducted from February to May 2019 involving 124 Ambon State Vocational School teachers. The sample in this study used the Slovin formula with an instrument trial of 60 teachers. The sampling technique is determined randomly or simple random sampling. The findings of the research results are as follows (1) The influence of leadership style has a positive direct effect on teacher performance with a correlation coefficient of 0.262 and a path coefficient of 0.233. A good leadership style will have a positive influence on improving teacher performance. (2) Work motivation has a positive direct effect on teacher performance, the correlation coefficient value is 0.179 and the path coefficient value is 0.124. This means that the higher the work motivation that a teacher has will improve his performance. (3) The influence of leadership style has a direct positive effect on work motivation with a correlation value of 0.233 and a path coefficient value of 0.233. This means that a principal's leadership style that is positively constructive will have an impact on increasing the motivation of the work of the teachers.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara kepemimpinan dan motivasi guru terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yang menjelaskan hubungan atau korelasional kausal yang biasa disebut analisis jalur. Survey dilakukan sejak Februari sampai Mei 2019 dengan melibatkan 124 orang guru SMK Negeri Ambon. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan uji coba instrument sebanyak 60 guru. Teknik pengambilan sampel ditentukan secara acak atau simple random sampling. Temuan dari hasil penelitan sebagai berikut (1) Pengaruh gaya kepemimpinan berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,262 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,233. Gaya kepemimpinan yang baik akan memberi pengaruh yang positif terhadap peningkatan kinerja guru. (2) Motivasi kerja pengaruh langsung positif terhadap kinerja guru, nilai koefisien korelasi sebesar 0,179 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,124. Hal ini berarti semakin tingginya motivasi kerja yang dimiliki seorang guru akan meningkatkan kinerja. (3) Pengaruh gaya kepemimpinan berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja dengan nilai korelasi sebesar 0,233 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,233. Hal ini memberi arti bahwa gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah yang positif membangun akan memberi dampak kepada peningkatan motivasi kerja para guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, Michael. Performance Management. England : By Clays St lves Plc : Michael Armstrong.

Colquitt, Jason A., Lepene, jerffery A., dan Wesson, Michael J. Organizational Behavior, Improving Performance and Commintent in the Workplace, New York : McGraw Hill Irwin, 2011.

Fahmi, Irham, Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta

Jeffrey A., Mello. Strategi Managemen Of Human Resources. Canada : South-Western Cengange Learning, 2011

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara, Nomor 03/vpb/2010 Nomor : 14 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsinal Guru dan Angka Kredit.

Luthans Fred. Organjzation behavior. Boston : An Evidence-Based Approach, 12th Edition. New York : McGraw-Hill Irwin. 2011

Mathis Robert. L, and Jackson Jhon. H. Human resouces Management. USA : Thomson South Western, 2003

Robbin, Stephen P., dan Couter, Mary. Management 11th Edition. (New Jersey Person Education, Inc.,2012

Robbins Stephen. P and Judge Timothy. A. Organizational Behavior. New Jersey Pearson Prentice Hall, 2009

Schneir, Benjamin dan Smith, Brent D. Personality and organization Behavior, New Jersay : Lawrence Eribuan, 2004

Schneider, Jhon R., Hunt, James G., dan Osborn, Richard N., Organization Behavior, 11thEdition New York : John Willey and Sons, Inc., 2010

Stanley Baldwin. Leadership : Enhancing The Lessons Of Experience. Salemba Humanika : Edisi 2009

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sudarmanto. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Undang – undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNO, B Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara. 2012

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Press.

Winardi J. Motivasi : Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta : Rajawali Pers. 2011

Yulk, Gery. Leadership in Organization. New Jersey : Pearson, 2010

Zuriah, Nurul. Metode Penelitian Sosial dan pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract views: 20
pdf downloads: 11
Published
2020-12-31
How to Cite
Leimena, J. T., Zulaikha, S., & Santosa, H. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI KOTA AMBON PROVINSI MALUKU. Visipena, 11(2), 427-441. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1300
Section
Articles