PEMBELAJARAN DARI RUMAH (LEARNING FROM HOME) DI MASA PANDEMI COVID-19: PERSEPSI ORANG TUA

  • Susilawati Susilawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Muhamad Yasir Universitas Indraprasta PGRI
  • Dewi Mutiara Indah Ayu Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Parents, Perception, Learning, Distance, Covid-19

Abstract

This Research is descriptive qualitative study that aims to determine the perception of parents about distance learning (online) during the Covid-19 pandemic. The method used is qualitative approach with descriptive method. Data were obtained used questionnaire instrument with Likert Scale consisting of 14 positive statements. The population are the parents of students affected Covid-19. The conclusion of study is that some parents perceive learning at home to be effective because of several advantages obtained from online learning including that parent can monitor children’s learning progress, the relationship between children and parents is closer and knowledge of information and communication technology is increasingly increase.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua tentang pembelajaran jarak jauh (daring) selama masa pandemic Covid-19. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan instrument angket dengan skala likert yang terdiri dari 14 pernyataan positif. Populasi adalah orang tua siswa yang terdampak Covid-19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adalah Sebagian orang tua memandang pembelajaran di rumah efektif karena beberapa kelebihan yang diperoleh dari pembelajaran daring, diantaranya orang tua dapat memantau perkembangan belajar anak, hubungan antara anak dan orang tua terjalin lebih dekat, dan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi semakin bertambah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrihani dkk.2020. Inovatif Di Tengah Pandemi Covid. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press

Gusti dkk. Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hasan, Muhamad. 2020. Perubahan Paradigma Pendidikan dan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Peluang, Tantangan dan Strategi. Bandung

Irfa, NQA dkk. 2020. Sosialisasi dan Pendampingan Model Pembelajaran Jarak Jauh (Online) Di Masa Pandemi. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press

Jamaludin dkk.2020. Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakam & Pendidikan. Yayasan Kita Menulis

Lutfi, A.M.2020. Media Daring (Online) Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press

Permana dkk.2020. Adaptasi di Masa Pandemi. Kajian Mulitidisipliner. NILACAKRA. Bali

Pohan AE. 2020. Konsep Pembelajaran Daring berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Sarnu Untung. Grobogan

Priatmoko, Sigit dkk. 2020. Ragam Gagasan Menyikapi Pandemi. Batari Pustaka

Santoso dkk. 2020. Mudah Membut Materi Online Learning. CV.ANDI OFFSET. Yogyakarta

Somawati, AV dkk. 2020. Book Chapters. Bali VS Covid-19. Bali: Nilacakra

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tumiwa, KK dkk. 2021. Tetap Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management

Article Metrics
Abstract views: 125
pdf downloads: 160
Published
2022-06-16
How to Cite
Susilawati, S., Yasir, M., & Ayu, D. M. I. (2022). PEMBELAJARAN DARI RUMAH (LEARNING FROM HOME) DI MASA PANDEMI COVID-19: PERSEPSI ORANG TUA. Visipena, 12(2), 223-236. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i2.1381
Section
Articles