IMPLEMENTASI TEORI PRODIGY DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN POTENSI DIRI DALAM BELAJAR

  • Basri Basri Basri
  • Teuku Fadhli Universitas Jabal Ghafur
  • Syarfuni Syarfuni Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Theory Prodigy, Learning Approaches, Class Management, Self Potential

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat keefektifan teori prodigy melalui pendekatan pembelajaran berbasis manajemen kelas untuk meningkatkan potensi diri siswa dalam pembelajaran, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif berupa eksperimen dengan Non-Equivalent Group Pretest-Postest Control Group desain penelitian. Dengan jumlah subjek penelitian, 48 siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji Paired Samples T-test menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikansi p<0,01, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sedangkan hasil uji satu arah Uji ANOVA menunjukkan nilai F=5033,639; dengan tingkat signifikansi p<0,01. Sedangkan hasil post hoc test menjelaskan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan dengan tingkat signifikansi 0,647>0,50, menunjukkan peningkatan rata-rata yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teori prodigy melalui pendekatan pembelajaran berbasis manajemen kelas efektif dalam meningkatkan potensi diri siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan agar dapat dilaksanakan dan dilanjutkan dalam lingkup yang lebih luas.

Abstract

This study aims to test the level of effectiveness of prodigy theory through a classroom management-based learning approach to increase students' self-potential in learning, using descriptive quantitative research methods in the form of experiments with Non-Equivalent Group Pretest-Postest Control Group research designs. With the number of research subjects, 48 students were divided into experimental and control groups. The results of the Paired Samples T-test showed that the pretest and posttest scores of the experimental group and the control group with a significance level of p<0.01, then Ha was accepted and Ho was rejected, while the results of the one-way ANOVA test showed a value of F=5033,639; with a significance level of p<0.01. While the results of the post hoc test explained that the experimental group and the control group had a significant average difference with a significance level of 0.647>0.50, indicating a significant increase in the average between the experimental group and the control group. So it can be concluded that the application of prodigy theory through a classroom management-based learning approach is effective in increasing students' self-potential in learning. The results of this study are expected to be a reference so that it can be carried out and continued in a wider scope.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Barrett, A., Ali, S., Clegg, J., Hinostroza, J. E., Lowe, J., Nikel, J., ... & Yu, G. (2007). Initiatives to improve the quality of teaching and learning: A review of recent literature. Report for.
Baharun, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6 (1), 1–25.
Carbonell, J., Etzioni, O., Gil, Y., Joseph, R., Knoblock, C., Minton, S., & Veloso, M. (1991). Prodigy: An integrated architecture for planning and learning. ACM SIGART Bulletin, 2(4), 51-55.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.
Fatimah, S. (2018). Pengaruh Potensi Diri, Prestasi Belajar, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Fakultas Ekonomi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 6(2).
Gable, P. A., & Harmon-Jones, E. (2010). The effect of low versus high approach-motivated positive affect on memory for peripherally versus centrally presented information. Emotion, 10(4), 599.
Hurlock, Elizabeth B. 2006. Psikologi Pembangunan. Jakarta: Erlangga.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Indriyanti, Ninuk. 2013. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomer
Jais, SM, Yatim, AAM, & Arip, MASM (2012). Prodigy: Pendekatan Inovatif untuk Pengembangan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter , (3).
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.
Kayıkçı, K. (2009). The effect of classroom management skills of elementary school teachers on undesirable discipline behaviour of students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1215-1225
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.
Novelli, M., Cardozo, M. L., & Smith, A. (2015). A theoretical framework for analysing the contribution of education to sustainable peacebuilding: 4Rs in conflict-affected contexts. University Of Amsterdam, Available online: http://learningforpeace. unicef. org/partners/research‐consortium/research‐outputs.
Pihandhi, Endra K. 2004. My Potensi. Jakarta: Elek Media Komputindo
Prayitno, P., Mungin Eddy, W., Marjohan, M., Heru, M., & Ifdil, I. (2015). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan: Paramitra Publishing.
Prayitno dan E. Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno, B. A., & Sugiharto, B. (2017). Komparasi Model Pembelajaran Konstruktivis Metakognitif Dan Konstruktivis Novick Terhadap Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1), 25-50.
Rehman, I., Mahabadi, N., Sanvictores, T., & Rehman, C. I. (2017). Classical conditioning.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Sari, W. F. (2015). Pengaruh Pendapatan orang tua, Lingkungan Sosial, Potensi Diri dan Informasi Perguruan Tinggi Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).
Sugiharso,dkk.2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Slameto.2010.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinnya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Swan, K., Kratcoski, A., & van't Hooft, M. (2007). Highly mobile devices, pedagogical possibilities, and how teaching needs to be reconceptualized to realize them. Educational Technology, 10-12.
Santrock, John .W. (2014). Psikologi Pendidikan, Educational Psycology. Edisi 5-Buku 2, McGraw-Hill Education, Jakarta: Salemba Humanika.
Seifert, K., & Sutton, R. (2009). Educational psychology.
Tarmono. 2012. Minat Masuk Perguruan Tinggi bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Tehnik Kendaraan ringan (TKR) pada SMK di Kecamatan Mranggen. Journal of Education. Semarang: FKIP IKIP PGRI
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Tujuan Pendidikan
Veloso, M., Carbonell, J., Perez, A., Borrajo, D., Fink, E., & Blythe, J. (1995). Integrating planning and learning: The PRODIGY architecture. Journal of Experimental & Theoretical Artificial Intelligence, 7(1), 81-120.
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179-194.
Weil, J., & Smith, E. (2016). Revaluating aging in place: From traditional definitions to the continuum of care. Working With Older People.
Walters, Jim & Frei, Shelly. Edt. Kessler. (2007). Managing Classroom Behavior and Discipline, USA: Corrine Burton, MAEd.
Wong, P. T. (1998). Implicit theories of meaningful life and the development of the personal meaning profile. Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Zhou, M., & Brown, D. (2015). Educational learning theories.
Article Metrics
Abstract views: 175
pdf downloads: 99
Published
2022-04-25
How to Cite
Basri, B., Fadhli, T., & Syarfuni, S. (2022). IMPLEMENTASI TEORI PRODIGY DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN POTENSI DIRI DALAM BELAJAR . Visipena, 12(2), 170-184. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i2.1517
Section
Articles