PENGEMBANGAN MODEL TUTORIAL AUDIO VISUAL BERKONTEN SYARIAH ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH

  • Helnita Helnita Universitas Negeri Medan
  • Anita Yus Universitas Negeri Medan
  • Rosmala Dewi Universitas Negeri Medan
Keywords: Model Tutorial, Audio Visual, Kreativitas Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui pengembangan model tutorial audio visual berkonten syariah islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development yang mengikuti langkah-langkah pengembangan model Analize, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PG-PAUD semester II yang berjumlah 40 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa hasil validasi ahli media sebesar 95.83%, ahli materi sebesar 95,45%, ahli bahasa sebesar 95.00%, dari hasil validasi ahli video model tutorial audio visual berkonten syariah islam yang dikembangkan menunjukan hasil pada kreteria sangat layak dan dinyatakan valid sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian, dan berdasarkan hasil dari penyebaran angket kreativitas mahasiswa, nilai pre tets menunjukan hasil rata-rata yaitu sebesar 49.35% dan nilai post test menunjukan hasil rata-rata sebesar 90.57% , hasil analisis statistik membuktikan bahwa tingkat kreativitas mahasiswa meningkat sebesar 41.22%, hal ini dapat dimaknai bahwa pemberian video model tutorial dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dan video model tutorial yang telah disusun secara sistematis telah mencapai taraf keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Astriani, M. (2020). Upaya Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Project Based Learning. Jurnal Petik, 6(1), 36–40.

Anderson, R, H. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media Video Pembelajaran. Jakarta:Grafindo Pers.

AECT. (1977). The Definition of Educational Technology. Washington: Association for Educational Communicational and Technology.

Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 4(1), 9-20.

Borg, R, W., & Gall, M, D. (2003). Educational Research;An Introduction, Fifth Edition: Longmman.

Branch, R, M. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC.

Dedi, S. (1994). Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Diana, L, & Maharani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Teknik Tutorial Berbasis Kemampuan Konseptual Pada Mata Pelajaran Integral. Jurnal Derivat. 6(1), 25-31.

Fahyuni, E.F. (2017). Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi. Jawa Timur: Umsida Press

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). 57-62.

Fithri, R., & Pradipta, R. (2017). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perekembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cemara Indah Kota Pekan Baru. PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 58–71.

Gagne & Briggs (1975). Intructional Technology: Foundation. Hillsddale: Lawrence Erlmaun Assciates, Publishers.

Haryoko. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi. Vol.5. No.1. Hal.1-10.

Heinich, dkk. (1982). Intructional Media and the New Technology of The Instruction. New York: Jonh Wily and Sons.

Hotimah, H. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa PGSD dalam Mendesain Media Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 10(2), 168.

Jumiati, dkk. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Tutorial Bagi Mahasiswa Teknik Mesin Stt Pln. Jurnal Power Plant. 5(1), 56-63.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Jakarta:Rineka Cipta.

Molenda, M. (2015). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 54(2), 40-42.

Nugraha, Y., & Nurmayanti, D. (2019). Pemanfaatan Computer Assisted Instruction Model Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika. Civicos: Jurnal Civics and Social Studies. 3(2), 75-80.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W, V. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

Susilo, S, V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 6(2), 108-115.

Udayana, N. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi Untuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Multimedia. JPTK Undiksha. 11(1), 45-52.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas.

Wirasasmita, R, H., & Putra, Y, K. (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. Edumatic. 1(2), 35-43.

Article Metrics
Abstract views: 209
pdf downloads: 140
Published
2022-05-24
How to Cite
Helnita, H., Yus, A., & Dewi, R. (2022). PENGEMBANGAN MODEL TUTORIAL AUDIO VISUAL BERKONTEN SYARIAH ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH. Visipena, 12(2), 185-205. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1610
Section
Articles