PENGUASAAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR

  • Miksalmina STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Penguasaan Siswa dan Materi Trigonometri

Abstract

Trigonometri merupakan materi pokok yang banyak menggunakan konsep yang akan terus berkembang dan bukan materi hafalan sehingga apabila siswa belum menguasai konsep materi sebelumnya maka dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam materi selanjutnya. Namun kenyataan menunjukkan bahwa siswa sekolah menengah atas, pada umumnya masih banyak yang belum memahami dan mengalami kesalahan dalam mempelajari trigonometri serta belum mampu menguasai konsep-konsep trigonometri. Mengingat kenyataan tersebut, penulis melakukan penelitian terhadap siswa kelas XI IPA MAN Darussalam Aceh Besar dan bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan siswa terhadap materi trigonometri, menentukan jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam memahami materi trigonometri. Pendekatan yang digunakan adalah gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memeriksa jawaban siswa dan dikonversikan ke dalam kriteria penguasaan yang telah ditetapkan. Dari hasil pengolahan data diperoleh informasi bahwa dari 31 orang siswa yang mengikuti tes penguasaan materi trigonometri dapat disimpulkan bahwa yang menguasai kategori penguasaan-1 ada 11 orang (35,48%), yang menguasai kategori pengusaan-2 ada 4 orang (12,9%), dan kategori penguasaan-3 tidak ada satu orang pun yang menguasai (0%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Lia. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Trigonometri. Tersedia: http:// www. google. com[16 Juli 2009].2009

Ali, Mohammad. Penelitian Pendidikan Prosedur Srategi. Bandung: Angkara.1985

Amin Suyitno. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika Semarang: Universitas Negeri Semarang.2004

Arikunto, Suharsimi. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara . 1999

Bogdan, Robert C and Biklen, Sari Knopp. Qualitative research for Education: An Intruction to Theory and Methods. Boston : Allyn and Bacon.1993

Depdikbud. Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud . 2003

Depdiknas. Trigonometri. Jakarta: Depdiknas.2004

Hasbi, M dan Ikhsan M. Penguasaan Guru Matematika SMP Terhadap Materi Ajar Kesebangunan. Laporan Penelitian Dosen Muda FKIP Universitas Syiah Kuala.2006

Hudoyo, Herman. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.1979

Kurnianingsih, Sri.dkk. Matematika SMA dan MA Untuk kelas XI. Jakarta: Esis.2006

Miles, M.B dan Huberman A Michael. Analisis Data Kualitatif, Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press. 1992

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda. 2005.

Rosita, Adelyna. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Semarang dalam Menyelesaikan soal Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran dengan Panduan Kriteria Watson. Universitas Negeri Semarang. 2007

Rusefendi. Pengantar Matematika Modern. Bandung : Transito. 1977

Setiawan, dkk. Pembelajaran Trigonometri Berorientasi Pakem di SMA. Yogyakarta. 2004

Soedjadi, R. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Dikti, Jakarta. 2000

Sudjana. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Gramedia. 1988

Sulistiyono, dkk. Matematika SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Esis. 2006

Tarigan, Guntur H. Dasar-Dasar Kurikulum Bahasa. Bandung : Angkasa. 1993

Teguh, Mega B. Trigonometri. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.2004

Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991

Winkel, W.S. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara. 1986

Article Metrics
Abstract views: 163
PDF downloads: 316
Published
2013-12-31
How to Cite
Miksalmina. (2013). PENGUASAAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR. Visipena, 4(2), 101-110. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.215
Section
Articles