PENGUASAAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR
Abstract
Trigonometri merupakan materi pokok yang banyak menggunakan konsep yang akan terus berkembang dan bukan materi hafalan sehingga apabila siswa belum menguasai konsep materi sebelumnya maka dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam materi selanjutnya. Namun kenyataan menunjukkan bahwa siswa sekolah menengah atas, pada umumnya masih banyak yang belum memahami dan mengalami kesalahan dalam mempelajari trigonometri serta belum mampu menguasai konsep-konsep trigonometri. Mengingat kenyataan tersebut, penulis melakukan penelitian terhadap siswa kelas XI IPA MAN Darussalam Aceh Besar dan bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan siswa terhadap materi trigonometri, menentukan jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam memahami materi trigonometri. Pendekatan yang digunakan adalah gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memeriksa jawaban siswa dan dikonversikan ke dalam kriteria penguasaan yang telah ditetapkan. Dari hasil pengolahan data diperoleh informasi bahwa dari 31 orang siswa yang mengikuti tes penguasaan materi trigonometri dapat disimpulkan bahwa yang menguasai kategori penguasaan-1 ada 11 orang (35,48%), yang menguasai kategori pengusaan-2 ada 4 orang (12,9%), dan kategori penguasaan-3 tidak ada satu orang pun yang menguasai (0%).
Downloads
References
Agustina, Lia. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Trigonometri. Tersedia: http:// www. google. com[16 Juli 2009].2009
Ali, Mohammad. Penelitian Pendidikan Prosedur Srategi. Bandung: Angkara.1985
Amin Suyitno. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika Semarang: Universitas Negeri Semarang.2004
Arikunto, Suharsimi. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara . 1999
Bogdan, Robert C and Biklen, Sari Knopp. Qualitative research for Education: An Intruction to Theory and Methods. Boston : Allyn and Bacon.1993
Depdikbud. Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud . 2003
Depdiknas. Trigonometri. Jakarta: Depdiknas.2004
Hasbi, M dan Ikhsan M. Penguasaan Guru Matematika SMP Terhadap Materi Ajar Kesebangunan. Laporan Penelitian Dosen Muda FKIP Universitas Syiah Kuala.2006
Hudoyo, Herman. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.1979
Kurnianingsih, Sri.dkk. Matematika SMA dan MA Untuk kelas XI. Jakarta: Esis.2006
Miles, M.B dan Huberman A Michael. Analisis Data Kualitatif, Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press. 1992
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda. 2005.
Rosita, Adelyna. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Semarang dalam Menyelesaikan soal Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran dengan Panduan Kriteria Watson. Universitas Negeri Semarang. 2007
Rusefendi. Pengantar Matematika Modern. Bandung : Transito. 1977
Setiawan, dkk. Pembelajaran Trigonometri Berorientasi Pakem di SMA. Yogyakarta. 2004
Soedjadi, R. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Dikti, Jakarta. 2000
Sudjana. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Gramedia. 1988
Sulistiyono, dkk. Matematika SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Esis. 2006
Tarigan, Guntur H. Dasar-Dasar Kurikulum Bahasa. Bandung : Angkasa. 1993
Teguh, Mega B. Trigonometri. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.2004
Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991
Winkel, W.S. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara. 1986
PDF downloads: 316