PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG SATUAN WAKTU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi di kelas V MIN Sukadamai Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas Va MIN Sukadamai Banda Aceh yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan tes hasil belajar. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan penguasaan siswa pada materi operasi hitung satuan waktu di kelas Va MIN Sukadamai Banda Aceh, hal ini berdasarkan hasil post test di dapat 22 orang siswa dinyatakan tuntas secara klasikal yaitu 81,48%. Selanjutnya data yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 26, maka didapat thitung = 3,97 dan ttabel = 1,71 , sehingga thitung > ttabel yaitu 3,97 > 1,7. Hasil analisis data ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe STAD pada materi operasi hitung satuan waktu mengalami peningkatan peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan di MIN Sukadamai Banda Aceh.
Downloads
References
Arends,Richard I,Classroom Instruction and Management, New York : Mc Graw :1999
Arikunto Suharmi , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
_______, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1989
Johar, Rahmah dkk, Pembelajaran Matematika SD/MI, Banda Aceh, 2007
Mudjito dkk , Matematika untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah,(Direktorat Jenderal Manajemen Pendididkan Dasar dan Menengah Departemen Pendididkan Nasional, 2009)
Paimin, Joula. E, Agar Anak Pinter Matematika, Jakarta : Puspa Swara 1988
Poerwadarminta W. J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia,edisi III, cet-4, Jakarta: Balai Pustaka, , 2007.
Slavin,Robert.E, Cooperative Learning : Theory Research and practice, Boston : Allyn and Bacon Publisher,1995
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2005
Sudjana, Metode Statiska, Bandung: PT Tarsito, 2002
Tim MKPBM, Commen Text Book Strategi Belajar Mengajar Matematika Kontemporer, Bandung : JICA,2010