IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PECAHAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Herawati STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SD Dinas Pendidikan Cabang Tiga Mutiara di Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam dengan desain penelitian pretes dan postes yang diberikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen belajar melalui model pembelajaran matematika realistik dan kelompok kontrol melalui pembelajaran metematika konvensional. Sedangkan instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dasar pecahan dan berpikir kritis, skala sikap siswa dan format observasi aktivitas belajar siswa selama pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa SD Dinas Pendidikan Cabang Tiga Mutiara di Kabupaten Pidie, dengan subjek sampel adalah siswa kelas IV SD 3 Beureunuen sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD 1 Beureunuen sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep dasar pecahan dan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik secara statistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar matematika dengan pembelajaran matematika konvensional. Selain itu juga siswa menunjukkan sikap positif pada pembelajaran ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmin. (2003). “Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Kendala yang Muncul di Lapangan”. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 044, Tahun Ke-9, September 2003. Hal. 618-640.

BSNP. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: CV. Laksana Mandiri.

Haji, S. (2005). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Disertasi Doktor pada PPS UPI: Tidak Diterbitkan.

Handayanti, E. (2002). Pengembangan Model Pembelajaran Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMU Kelas III. Tesis PPS UPI, Bandung.

Hastuti, N.S. (2004). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SLTP pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistik. Skripsi. Bandung: UPI.

Heryanto, R.D. (2005). Model Representasi Matematika (Pecahan) melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif. Tugas Akhir. Bandung: UPI.

Hudojo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Hudojo, H. (1988). Mengajar dan Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi P2LPTK.

Listiana, A dan Saripah, I. (2008). “Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik di TK Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Sejak Dini”. Dalam International Seminar on Educational

Research 9 April 2008. Bandung: UPI.

NCTM. (1989). Curiculum and Evaluation Standart for School Mathematics. Reston, VA: NTCM

Noerhodijah, S. (2002). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Analisis dalam Pembelajaran Bryoptyta. Skripsi Biologi. Bandung: UPI.

Penner, K. (1995). Teaching Critically Thinking. New York: Reagent College. http://Web.Ucs.Ubc.ca/k.Penner/C.think.

Puskur. (2002). Kurikulum dan Hasil Belajar. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Ramli, M. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Pupuk untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Pemetaan Konsep. Tesis PPS UPI, Bandung.

Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi Doktor pada PPS UPI: Tidak Diterbitkan.

Simanjuntak, L. (1993). Metode Pengajaran Matematika Jilid I. Bandung: Rineka Cipta.

Sumarmo, U. (2000). Pembelajaran Ketrampilan Membaca Matematika.

Makalah disampaikan pada pelatihan Nasional Training of Trainer bagi Guru Bahasa Indonesia dan Matematika SLTP. Bandung

Sumarmo, U. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UPI: Tidak Diterbitkan.

Suryati. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Penggunaan Radiostop untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah melalui Aktivitas Bertanya Siswa. Tesis PPs UPI, Bandung.

Zainurie. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (RME). http://zainurie.wordpress.com/2007/04/13/pembelajaran-matematika-realistik-rme/

Zulkardi. (1999). Bagaimana Mendesain Pembelajaran Matematika Berdasarkan Pendekatan Realistik. University of Twente, The Netherlands.

Zulkardi. (2008). RME suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia. http://www.geocities.com/ratuilma/paper/Sema

Article Metrics
Abstract views: 687
PDF downloads: 240
Published
2012-06-30
How to Cite
Herawati. (2012). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PECAHAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Visipena, 3(1), 60-72. https://doi.org/10.46244/visipena.v3i1.53
Section
Articles