ANALISIS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR

  • Nasriah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mulia Putra Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mardhatillah Mardhatillah Universitas Negeri Malang
Keywords: Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Manajemen, Manajemen

Abstract

Manajemen kepala sekolah merupakan proses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengawasi seluruh sumber daya sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses perencanaan; (2) Pelaksanaan proses pengorganisasian; (3) Pelaksanaan program; dan (4) Pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari; kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, ketua kelompok kerja guru dan pengawas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses perencanaan yang dirancang oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi pembentukan Tim Penilai Kinerja Guru, menetapkan Surat Keputusan Tim Penilai Kinerja Guru dan  Sosialisasi program; (2) Pelaksanaan proses pengorganisasian diawali dengan pembentukan tim pengembang yang bertugas mengatur jadwal dan kegiatan awal organisasi, menentukan mekanisme pelaksanaan organisasi meliputi jadwal, materi, tutor pemandu dan sertifikat; (3) Pelaksanaan program kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi peningkatan disiplin dengan menentukan jadwal hadir pukul 07.00-07.15, menugaskan guru piket mengisi Laporan Kegiatan Harian. Peningkatan motivasi diisi dengan berbagai pelatihan termasuk pemberian reward and punishment. Supervisi dilaksanakan sesuai jadwal dan instrumen yang telah disosialisasikan; (4) Pengawasan yang dilaksanakan mencakup monitoring dan evaluasi program disiplin dan motivasi guru secara berkala dan program supervisi yang dilaksanakan dalam satu semester sebanyak dua kali atau empat kali setahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amtu, Onisimus. 2016. Manajemen Pendidikan Di Era Otonomi Daerah Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

B.Uno, Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2015. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Danim, Sudarman dan Khairil. 2017. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta

Elfachmi, Amin Kunaefi. 2019. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga

Mulyasa,E. 2018. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

-------. 2016. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

-------. 2019. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

-------. 2019. Manajemen Berbasis Sekolah. Cetakan 16 Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Murniati, dkk. 2021. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: Deepublish CV. Budi Utama

Musdiani, Mardhatillah, dan Khausar. 2019. Analysis the Role of Headmaster in Applying Quality of Education in Primary School Discrict Aceh Barat. Budapest Internasional Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal. 2(3). Pp. 27-35. https://doi.org/10.33258/birle.v2i3.349

Novita, R., Herman, T., Suryadi, D., Dasari, D., Putra, M., & Fitra, R. 2022. Analisis Pengetahuan Konseptual dan Prosedural Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar pada Bilangan Rasional. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 6(2), 384-402. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.7056

Priansa, Donni Juni. 2016. Kinerja dan Proefsionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

-------.2017. Menjadi Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Konsep Peran Strategis dan Pengembangannya. Bandung: Pustaka Setia

Putra, M. 2018. How Ethnomathematics Can Bridge Informal and Formal Mathematics in Mathematics Learning Process at School: a Framework. For the Learning of Mathematics. 38(3).pp. 11-16. https://www.jstor.org/stable/26548503

Putra, M., Novita, R., & Usman, U. (2022). What kind of mathematics for doorsmeer student fits for in solving a mathematical problem: A discussion about student’s informal mathematics. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 16-28. https://doi.org/10.33654/math.v8i1.1464

Rosdiani, Dini. 2018. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sa’ud, Udin Syaefudin dan Abin Syamsuddin Makmun. 2017. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sudrajat. 2018. Manajemen Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia [online] Vol. XXV. No. 1. Tersedia: https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/11576/ 6954 [1 Mei 2020]

Sugiyono. 2016. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : Alfabeta

-------. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

-------. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Supardi, 2016. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Tatang. 2016. Supervisi Pendidikan Bandung : Pustaka Setia

Usman, Nasir dan Murniati 2020 Pengantar Manajemen Pendidikan. Tangerang: Lembaga Literasi Dayak (LLD)

Usman, Husaini. 2016. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Winaryati, Eny. 2015. Evaluasi Supervisi Pembelajaran Dilengkapi Insrumen Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuharti. 2018. Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan Konseling pada SMP Negeri 17 Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala [online] Vol. 6. No. 4. Tersedia: http://jurnal.unsyiah.ac.id/ JAP/article/ view/13146 [15 Januari 2021]

Zainal, Veithzal Rivai, dkk. 2016. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo

Zulfahanim, E. Y., Musdiani, M., & Rahmattullah, R. (2024). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Taman Kanak-Kanak Wilayah I Kabupaten Aceh Besar. Visipena, 75-81. https://doi.org/10.46244/visipena.vi.2557

Article Metrics
Abstract views: 375
PDF downloads: 269
Published
2024-02-19
How to Cite
Nasriah, Putra, M., & Mardhatillah, M. (2024). ANALISIS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR. Visipena, (Issue), 99-114. https://doi.org/10.46244/visipena.vi.2577
Issue
Section
Articles