KONTRIBUSI OMAR KHAYYAM DALAM BIDANG MATEMATIKA

  • Mik Salmina STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kontribusi Omar Khayyam, Bidang Matematika

Abstract

Pengetahuan mengenai sejarah matematika dapat membantu dalam menentukan tujuan pengajaran dan pengetahuan dari pokok bahasan tersebut. Dengan pendekatan sejarah, pokok bahasan tersebut dapat disajikan sebagai usaha manusia untuk berkembang, yang terbentuk secara perlaha-lahan selama ribuan tahun oleh berbagai individu. Matematika tidak dapat dipisahkan dari sejarahnya, karena akan kehilangan makna. Sebagian besar buku sejarah matematika tidak banyak mengandung rujukan tentang matematika dari Timur. Akibatnya para pengajar matematika dan juga mahasiswa banyak mengetahui studi mengenai peradaban Yunani dan zaman modern, sehingga kontribusi matematika dari Timur gagal menjadi perhatian mereka. Oleh sebab itu penulis ingin membahas salah satu kontribusi dari ilmuan islam yaitu Omar Khayyam dalam bidang Matematika. Beberapa hasil karya dari Omar Khayyam dalam bidang matematika yaitu: teori garis sejajar, teori perbandingan dan proporsi, dan Aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ismail, Mat Rofa. 1995. Sejarah Aritmatik dan Aljabar Islam. Penerbit Universitas Pertanian Malaysia.

Jeffry A, Oaks. 2011. Al-Khayyam‟s Scientific Revision of Algebra. Suhayl, no.10. h.48.

Luke, Hodgkin. 2005. A History of Mathematics. Oxford University Press : New York. h.116.

Mohammed, Mohaini. 2004. Matematikawan Muslim Terkemuka. edisi 2, Salemba Teknika. Jakarta.

Victor J, Katz. 2006 Stages in the History of Algebra with Implications for Teaching. Educational Studies in Mathematics, 66. h.192.

Robert, Green. 2002 Omar Khayyam: Much More than a Poet. Montgomery College Student Journal of Science and Mathematiccs, vol.1. tanpa halaman.

Article Metrics
Abstract views: 1188
PDF downloads: 1308
Published
2015-06-30
How to Cite
Mik Salmina. (2015). KONTRIBUSI OMAR KHAYYAM DALAM BIDANG MATEMATIKA. Visipena, 7(1), 29-37. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i1.290
Section
Articles