PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI DIMENSI TIGA DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

  • Mik Salmina STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Mustafa SMA Negeri 5 Banda Aceh
Keywords: Discovery Learning, Dimension Three, Video instruction

Abstract

Mathematical learning is dynamic in classroom implementation. This is because mathematical material has different levels of difficulty. One of difficult mathematics topics for students is geometry especially three dimensions topic. Teacher innovation is needed to solve this problem so that mathematics learning becomes easy, undestandable and interesting for students. Applying discovey learning model with video instruction is one of the innovations could be made by teachers and researchers to overcome students’ problems. Therefore, the purpose of this study is to describe students’ improvement in learning three dimensions topic by using discovey learning model with video. Collaborative classroom action research between teachers and researchers was used in this studi. The classroom action research was conducted in two cycles consisting of six meetings. Data collection instruments using student woksheet, tests and observations of teachers and researchers during the learning process. The results of this study show that applying discovery learning models assisted by video could increase students’ interest and learning outcomes in the three-dimensional material.

 

Abstrak

Pembelajaran matematika bersifat dinamis dalam pelaksanaan di kelas. Ini di karenakan materi matematika memiliki keragaman tingkat kesulitan yang berbeda. Diantara materi matematika yang sulit untuk dipahami siswa yaitu dimensi tiga. Oleh  karena itu diperlukan inovasi dari guru agar pembelajaran matematika lebih mudah di pahami siswa dan menarik untuk dipelajari. Salah satu inovasi yang dilakukan guru dan peneliti di SMA 5 Banda Aceh adalah dengan cara mnenerapkan model discovery learning pada materi dimensi tiga dengan bantuan video pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan discovery learning pada materi dimensi tiga dengan bantuan video pembelajaran agar memudahkan dan memotivasi siswa dalam memahami materi dimensi tiga. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari enam pertemuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan LKPD, tes tertulis dan observasi guru dan peneliti selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar pada materi dimensi tiga dengan menerapkan model discovery learning berbantuan video pembelajaran.

 Kata Kunci: Discovery Learning, Dimensi Tiga, Video Pembelajaran

References

Aliyah, M. (2015). Peningkatan Motivasi Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Dimensi Tiga Dengan Pendekatan Kontekstual Peserta Didik Kelas X Semester Genap MAN BAWU Jepaa Tahun Ajaran 2014-2015. FKIP UIN Walisongo: Semarang.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuwan. Jakarta: Erlangga.

Asdiati, T & Agusfiandi. (2016). Penerapan Discover Learning dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dimensi Tiga Pada Siswa SMAN 8 Mataram. Jurnal Media Pendidikan Matematika (J-MPM), 3(1).

Ratnasari, I.P. (2018). Pengembangan Model Discovery Learning Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Efficacy Siswa. Magister PendidikAN Matematika FKIP Universitas Lampung.
Article Metrics
Abstract views: 807
pdf downloads: 1348
Published
2019-10-31
How to Cite
Mik Salmina, & Mustafa. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI DIMENSI TIGA DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Numeracy, 6(2), 247-254. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.482
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)