PENDEKATAN PEMBELAJARAN METODE BERMAIN PADA ASPEK FISIK DAN MOTORIK DI TAMAN KANAK-KANAK

  • Ahadin Universitas Syiah Kuala
Keywords: Pendekatan pembelajaran, strategi, metode bermain

Abstract

Pendekatan pembelajaran atau strategi penbelajaran direncanakan dan dibuat untuk mencapai tujuan dari pembelajaran. Suatu strategi pembelajaran diterapkan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai sebagaimana yang diharapkan. Strategi pembelajaran dapat dijabarkan menjadi dua bentuk yaitu motode atau teknik. Karakteristik metode bermain adalah anak dengan motivasi intrrinsik, aktif, terbuka, lentur, bebas, gembira, menyenangkan, produk spiritual, murni, alami, keputusan, berpura-pura, kebutuhan, dan spontan. Sedangkan karekteristik anak taman kanak-kanak adalah mereka ingin mengexpresikan kata hati mereka dalam aktivitas atau kegiatan bermain dengan bebas, aktif, dan spontan. Aspek fisik dan motorik adalah salah satu aspek yang diajarkan taman kanak-kanak, yang materi . dari keterkaitan atau hubungan antara pendekatan pembelajaran metode bermain, katakteristik anak tamn kanak-kanak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain tepat atau sesuai untuk digunakan oleh guru dan taman kanak-kanak untuk mengajarkan aspek fisik dan motorik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annarino A. Antony, Cowell C. Charles, Hazelton W. Helen. 1980.Curriculum Teory and Design in Physical

Aducation, Second Edition, ST. Louis, Mosbay Company.

Arrends L. Richard. 1998 Learning In Tach. Singapure, Mc Garw Hill.

Benyamin S. Bloom 1979 Taxonomy of Education Objectives, book I Cognitive Domain. London, longman group ltd.

Cole, peter G, Chan Lorna. 1994, Teaching Principle and Practice. New York, printice hall ltd

Hendrick Joanne 2001. The Whole Child Development Education For Early Years. New jersey, Colombus, Ohio.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta, Rineka Cipta.

Polloway A. Patton, Edward R. James. 1993. Strategies for Teaching with Special Needs. New York, Macmilan Publiching Company.

Robert M. Gagne, Leslie L. Brings. 1975. Principles of instructional design. New York, Holt Rinehart and Winston Inc.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Rineka Cipta.

Spinthall A. Norman, Richard C. Spinthall. 1990. Education Psyhology, A Developmental Approach. New York, McGraw Hill International Editionans.

Thomas L. Good, J.F. Brophy. 1990. Educational Psychology, A Realistic Approach. New York, Longman.

Tinning Richard, Macdonald Doune, and Wright Jan. 1998. Becoming a Physical Education Teacher. New Jersey, Printice Hail.

Article Metrics
Abstract views: 1428
PDF downloads: 254
Published
2011-06-30
How to Cite
Ahadin. (2011). PENDEKATAN PEMBELAJARAN METODE BERMAIN PADA ASPEK FISIK DAN MOTORIK DI TAMAN KANAK-KANAK. Visipena, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.33
Section
Articles