PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN, DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 19 BANDA ACEH

  • Ayatullah Muhammadin Al Fath STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Motivasi, Lingkungan, Disiplin, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar di sekolah, (2) Pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar di Sekolah, (3) Pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar di sekolah, (4) Pengaruh dari ketiga faktor tersebut (motivasi, lingkungan, disiplin) terhadap prestasi belajar siswa disekolah secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjeknya siswa kelas V Mata pelajaran IPA yang berjumlah 34 siswa. Data diambil menggunakan metode dokumentasi, test dan angket. Validitas instrument angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi Product Moment dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Motivasi, Lingkungan dan Disiplin secara bersama-sama berpengaruh positif hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,888, r hitung lebih besar dari r tabel (0,888 >0,339). Koefisien determinan (r2) sebesar 0,789, ini berarti 78,9% dapat diketahui juga bahwa Motivasi memberikan sumbangan efektif 5,44%, lingkungan memberikan sumbangan efektif 28,85% dan disiplin memberikan sumbangan efektif 44,61% serta ditunjukan dengan persamaan Y =71,095+ 0,014X1 + 0,107X2 + 0,171X3. Dengan demikian maka disiplin memberi pengaruh dominan dengan sumbngan efektif 44,61% dibanding dengan motivasi dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa pada Jurusan Teknik Audi Video SDN 19 Banda Aceh kelas V tahun ajaran 2015.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (1993).Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi.Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. (1996).Pengantar Psikologi Intelegensi.Pustaka Belajar Offset.

Depdiknas. (2006).Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Ary. (2010). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi.

Hamalik, Oemar. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi aksara.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_kejuruan. Diakses pada tanggal 5 Maret 2015. Pukul 14.00.

http://dc433.4shared.com/doc/laOzoatZ/preview.html. Diakses pada tanggal 5 Maret 2015. Pukul 14.00.

Imam Gunawan. (2011). “Lingkungan Pendidikan”. Jurnal Manajemen Pendidikan Sosoial. Hlm. 23– 30.

Joko Sumarmo. (2011). “Minimalisai Pelanggaran Pendidikan di Sekolah Melalui Efektifitas Kinerja Tim

Kedisiplinan”. Jurnal SMPN Bobot Sari Purbalingga. Hlm. 1 – 8.

Nenden Sundari. (2008). “Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa Sekolah Dasar Unggulan dan Siswa

Sekolah Dasar Non-Unggulan di Kabupaten Serang”. Jurnal Pendidikan Dasar. Hlm. 23–30.

Noor Vina Arsyidiyanti. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas V IPS SMU Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007. Skripsi. UNY: Yogyakarta.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibin. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Article Metrics
Abstract views: 2251
PDF downloads: 2589
Published
2015-06-30
How to Cite
Ayatullah Muhammadin Al Fath. (2015). PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN, DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 19 BANDA ACEH. Visipena, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.344
Section
Articles