PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE DAN METODEPEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI GEMPA BUMI

(Suatu Studi pada SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen)

  • Musbir STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Perbandingan, Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Langsung, Materi Gempa Bumi

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Diajarkan dengan Metode Think Pair Share dan Metode Pembelajaran Langsung pada Materi Gempa Bumi” (Suatu Studi pada SMP Negeria 1 Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen). Tujuannya adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan metode Think Pair Share dan metode Pembelajaran Langsung pada materi gempa bumi di kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen dengan jumlah siswa 48 orang. Mengingat populasi yang tidak terlalu banyak, maka semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian. Dengan demikian, penelitian ini disebut Penelitian Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Berdasarkan hasil pelaksanakan tes yang penulis lakukan maka diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode TPS (Think Pair Share) adalah 72,59 dan nilai rata-rata yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran langsung (Direct Instruction) adalah 70,64. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 0,33 dan ttabel = 2,02 dengan derajat kebebasan (dk) n1 + n2 – 2 = 24 + 24 – 2 = 46, berarti nilai thitung lebih kecil dari pada nilai ttable, maka dalam hal ini menerima hipotesis nol (Ho) dan menolak hipotesis alternatif (Ha). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode TPS (Think Pair Share) dan metode pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada materi gempa bumi pada siswa kelas VII/1 dan VII/2 SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ibrahim. 2000. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Nurhadi, dkk. 2009. Pengembangan Pembelajaran (online). http://fasupraptomn.wordpress.com. Diakses 04/02/2015

Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Rusdy. 2003. Model Pembelajaran Alternatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Sanjaya, wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama Offset

Subana. 2001. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Wakhibuddin. 2009. Metode Mengajar. (online) http://wakhinuddin.wordpress.com. Diakses 09/08/2014

Article Metrics
Abstract views: 66
PDF downloads: 100
Published
2015-06-30
How to Cite
Musbir. (2015). PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE DAN METODEPEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI GEMPA BUMI: (Suatu Studi pada SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen). Visipena, 6(1), 66-77. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.356
Section
Articles