ANALISA KARANGAN BEBAS MAHASISWA
(Sebuah penelitian pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Abstract
Karangan meliputi sebuah proses yang kompleks yang megharuskan seorang penulis untuk lebih fokus pada pemilihan kata – kata yang tepat yang dapat dirangkai menjadi sebuah kalimat yang sempurna. Para pakar bahasa menyatakan bahwa seorang penulis harus mampu mencapai tingkatan tertinggi pemahaman tentang pendidikan menulis secara akademik. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk menganalisa karangan bebas Mahasiswa dengan mengelompokkan kategori kesalahan menyangkut tata bahasa yang sering muncul dalam tulisan mereka. Penulis menggunakan karangan bebas Mahasiswa unit 2 semester 4 angkatan tahun 2013 pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry sebanyak 27 orang sebagai sampel dalam penelitian ini. Sementara populasinya adalah seluruh unit Mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Karangan tersebut dianalisa dengan menggunakan panduan simbol koreksi kesalahan tulisan menyangkut tata bahasa dari Hogue (1996) dan Oshima & Hogue (1999). Selain itu, penulis juga mewawancarai 5 orang mahasiswa yang dipilih secara acak untuk mendapatkan informasi mengenai faktor apa saja yang menjadi penyebab timbulnya kesulitan dalam menulis sebuah karangan serta untuk melengkapi data yang dijadikan pedoman dalam penelitian ini. Hasilnya, diketahui bahwa ada beberapa kategori kesalahan penggunaan tata bahasa yang sering muncul dalam karangan mahasiswa, seperti Cap (Capitalization), V/A (Verb tense/Agreement), Sp (Spelling), PL (Plural), UW (Unnecessary words), WF (Word form), WW (wrong words), Prep (Preposition), Conj (Conjunction), and Art (Article). V/A (Verb tense/Agreement) adalah kategori tata bahasa yang paling sering digunakan secara keliru oleh mahasiswa.
Downloads
References
Anas, S. (2008). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Brown, H. D. (2007). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, 3rd Eds. New York: Longman.
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and classroom practices. New York: Longman.
Byrne, D. (1984). Teaching Writing Skill. Singapore: Longman.
Chodorow, M., Tetreault, J. R., & Han, N. R. (2007). Detection of grammatical errors involving prepositions. In proceedings of the 4th ACL-SIGSEM workshop on prepositions, pages 25-30, Prague, Czech Republic.
Crinon, J., & Marin, B. (2010). The role of peer feedback in learning to write explanatory texts: why the tutors learn the most. Language Awareness, 19 (2): 111-128.
Evelyn, F. (1985). A Grammar and Guide for Writers. Boston: Houghton Mifflin Company.
Freedman, D. (2008). Sampling. Berkeley: University of California.
Hairston, M. (1986). Contemporary Composition, 4th Eds. Boston: Houghton Mifflin Company.
Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching (4th Eds). England: Pearson Education Limited
Hedge, T. (2000). Teaching and learning in the language classroom. UK: Oxford University press.
Henderson, E., & Moran, K. M. (2010). The Empowered Writer. Oxford: Oxford University Press.
Hogue, A. (1996). First steps in academic writing. New York: Longman.
Kitchenham, B. & Pfleeger, S.L. (2002). Principles of Survey Research Part 5: Populations and Samples. 27 (5).
Kadesch, M. C., Kolba, E. D., & Crowell, S. C. (1991). Insights into academic writing: Strategies for advanced students. New York: Longman.
Le, K. N., & Tam, V. W. Y. (2001). A survey on effective assessment methods to enhance student learning. Australasian Journal of Engineering Education, 13 (2): 13-20.
Leonhard, B. H. (2002). Discoveries in academic writing. Singapore: Heinle & Heinle.
Lilis, T. (2003). Student Writing as ‘Academic Literacies’: Drawing on Bakhtin to Move from Critique to Design. Language and Education, 17 (3): 192-207.
Messenger, W. E., & Bruyn, J. D. (1986). The Canadian writer’s Handbook. 2nd Eds. Canada: Scarborough, Prentice-Hall.
Mitchell, R., & Myles, F. (1998). Second Language Learning Theories. London: Arnold.
Nunan, D. (1999). Second Language Teaching and Learning. USA: Heinle & Heinle Publishers.
Oshima, A., & Hogue, N. (1999). Writing Academic English (3rd Eds). New York: Longman.
Seow, A. (2002). The Writing Process and Process Writing, Methodology in Language Teaching: an Anthology of Current Practice. USA: Cambridge University Press.
Shields, M. (2010). Essay writing: A student’s guide. London: SAGE Publications.
Trimmer, J. F. (1995). Writing with A Purpose I, 11th Eds. Boston: Houghton Mifflin Company.
White, R., & McGovern, D. (1994). Writing. UK: Prentice Hall International.
PDF downloads: 240