PENGARUH PENDEKATAN PENILAIAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA

  • Niken Vioreza STKIP Kusuma Negara
Keywords: Pendekatan Penilaian, Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mencari pengaruh pendekatan penilaian dan gaya belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa di STKIP Kusuma Negara pada mata kuliah Pengantar Statistik Pendidikan. Sampel terdiri dari 44 Mahasiswa yang diambil dengan cluster random sampling dan desain penelitian adalah eksperimen treatment by level 2 X 2 dengan analisis varian (ANAVA) dua jalan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian adalah: (1) motivasi berprestasi mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai menggunakan pendekatan penilaian acuan patokan (PAP) lebih tinggi dari pada pendekatan penilaian acuan norma (PAN), (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan penilaian dan gaya belajar terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, (3) motivasi berprestasi mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai dengan penilaian PAP lebih tinggi daripada mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai dengan penilaian PAN pada kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar field independent, dan (4) motivasi berprestasi mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai dengan penilaian PAP lebih rendah daripada mahasiswa yang tugas dan tes formatifnya dinilai dengan penilaian PAN pada kelompok mahasiswa yang mempunyai gaya belajar field dependent.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ArifinZaenal. 2009. EvaluasiPembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya.

Charles, CM. 1980. Individualizing Intruction. St. Louis: The CV Mosby Company.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ivancevich, M. John and Robert Konopaske. 2013. Human Resource Management.New York:McGrawHill.

Jihad, Asepdan Abdul Haris. 2008. EvaluasiPembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kunandar. 2013. PenilaianAutentik. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Manulang, M. 2001. ManajemenSumberDayaManusia. Yogyakarta: BPFE.

Mulayasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya..

Morgan, T. Clifford. 1982. Introduction to Psychology. New York: McGraw-Hill Book Company.

Naution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru AlGensindo.

Popham, W. James. 1978. Criterion-Referenced Measurement. New Jersey: Prentic-Hall.

Santrok, W. John. 2009. PsikologiPendidikan, terjemahan Diana Angelica. Jakarta: SalembaHumainika.

Slavin, E. Robert. 1991. Educational Psychology Theory into Practice. New Jersey: Prentice Int. Inc.

Sudijono Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjiono. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana Nana. 2004. Penilaian hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana Nana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Thomas K.Crowl. Sally Kaminsky, and David M. Podell. 1997. Educational Psychology: windows on teaching. Madison: Brown &Benchmark Publishers.

Wiersma William and Stephen G. Jurs. 1990. Educational Measurement and Testing. Boston: Allyn and Bacon.

Winardi. 2003. Teori Organisasidan Pengorganisasian. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Winkel, WS. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Media Abadi.

Woolfolk Anita. 1993. Educational Psychology. Boston: Allyn and Bacon

Article Metrics
Abstract views: 562
PDF downloads: 1098
Published
2017-06-30
How to Cite
Niken Vioreza. (2017). PENGARUH PENDEKATAN PENILAIAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA . Visipena, 8(1), 1-16. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.373
Section
Articles