KORELASI PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU

  • Niken Vioreza STKIP Kusuma Negara
Keywords: Understanding Concepts, Fractions, Learning Outcomes

Abstract

This study aims to obtain empirical data about the correlation of understanding the concept of fractions against the results of the study on the teaching material of the integrated IPA light in class VIII MTs Nurul Falah Tangerang. Research using the korelasional analysis approach through quantitative methods. The sample consisted of 30 students through Claster Random Sampling techniques. Results of the study indicate that there is a positive correlation between the understanding of the concept of fractions against the results of the study material integrated light IPA, where the value of the correlation coefficient rxy = 0.947 regression equation ???? =4,002+0,881X. Determination of the coefficient indicates that r2 = (0,947)2 = 0,8968 or 89.68%, meaning that contributions to the understanding of the concept of fractions against the results of the study on light material integrated IPA grade VIII MTs Nurul Falah of 89.68%.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang korelasi pemahaman konsep bilangan pecahan terhadap hasil belajar IPA terpadu pada materi ajar cahaya di kelas VIII MTs Nurul Falah kota Tangerang. Penelitian menggunakan pendekatan analisis korelasional melalui  metode kuantitatif. Sampel terdiri dari 30 siswa melalui teknik Claster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara pemahaman konsep bilangan pecahan terhadap hasil belajar IPA terpadu materi cahaya, dimana nilai koefisien korelasi rxy = 0,947 dengan persamaan regresi =4,002+0,881X. Koefisien determinasi menunjukan bahwa r2 = (0,947)2 = 0,8968 atau 89,68%, artinya kontribusi pemahaman konsep bilangan pecahan terhadap hasil belajar IPA terpadu materi cahaya pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah sebesar 89,68%.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bilangan Pecahan, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, Syaiful. Psikolog Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Jihat, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Marhijanto, Bambang. Kamus Lengkap B.Indonesia Populer. Surabaya: Bintang Timur,

Mulyono. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Poerwadaminta, W.J.S. Kamus Umum B.Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Purwanto, Budi. Semesta FenomenaFisika 2 untuk kelas VIII SMP dan MTs. Jakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.

Riadi Edi. Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri, 2014.

Ruseffendi, E.T. PengajaranMatematika Modern. Bandung: Tarsito, 1984.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Redaskarya, 2010.

Supriyono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.

Suyono dan Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Wahyudin. Pembelajaran dan Model Pembelajaran. Bandung: UPI, 2008.

Article Metrics
Abstract views: 194
PDF downloads: 339
Published
2018-12-31
How to Cite
Niken Vioreza. (2018). KORELASI PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU. Visipena, 9(2), 330-341. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.463
Section
Articles