PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK KELAS V SDN KASIK PUTIH KECAMATAN SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN

  • Mardhatillah STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Febry Fahreza STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Keywords: Macromedia Flash, Indonesian Language, Write a Letter

Abstract

This research aims to produce media-based interactive learning macromedia flash Professional 8 on writing material for students of class V SDN Kasik Putih. this type of research is research development and Gall that Borg combined with Dick and Carey model of development, with the stages (1) analyzing the needs and characteristics of students, (2) formulating goals, instructional (3) draw up the paper media, (4) validation expert, (5) revision, and (6) test the final product. The results showed: data about the quality of product development is collected with question form or questionnaire. The collected data were analyzed by descriptive quantitative analysis techniques. The results of this research indicate (1) the trial of expert feasibility appraisal material on the content resides on the criteria very well (84.4%); (2) Test expert instructional design is on the criteria very well (87%); (3) individual trial is on the criteria very well (89.6%); (4) test group resides on the criteria very well (82.4%) (4) the field trials are on the criteria very well (84.6%). Similarly, a test of the effectiveness of the product there is a difference in student learning outcomes that uses macromedia flash-based multimedia learning material on writing a letter with the class that only use the textbook as a medium of instruction. From the data obtained are known to pretest thitung = 0,413 < ttabel = 2,002 inconclusive results in improving students ' ability of studying before being given the treatment is the same. As for the posttest thitung = 4,683 > ttabel = 2,002 can be concluded that there is a difference between experimental and control class posttest. It means the final State grade experiment and control after being given treatment there is a difference in the results of learning.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash profesional 8 pada materi meulis surat untuk siswa kelas V SDN Kasik Putih. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan Dick and Carey, dengan tahapan (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan instruksional, (3)menyusun naskah media, (4) validasi ahli, (5) revisi, dan (6) uji coba produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan: data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Uji coba ahli materi pada penilaian kelayakan isi berada pada kriteria sangat baik (84,4%); (2) Uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (87%); (3) uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik (89,6%); (4) uji coba kelompok berada pada kriteria sangat baik (82,4%) (4) uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (84,6%). Demikian pula dengan uji efektifitas produk terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi menulis surat dengan kelas yang hanya menggunakan buku teks sebagai media pembelajaran. Dari data yang diperoleh diketahui untuk pretest thitung = 0,413 < ttabel = 2,002 dapat disimpulkan kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar sebelum diberi perlakuan adalah sama. Sedangkan untuk posttest thitung = 4,683 > ttabel = 2,002 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol. Hal itu berarti keadaan akhir siswa kelas eksperimen dan kontrol setelah diberi treatment terdapat perbedaan hasil belajar.

Kata kunci: Macromedia Flash, Bahasa Indonesia, Menulis Surat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dick, W, Carey, L. 2005. The systemic design of Instruction. United States of America: Scott Foresman and Company.

Franata, Reza, 2012. Pengembangan Media Ajar Interaktif Biologi Berbasis Komputer Pada Materi Monera Untuk Kelas X SMA/M, , Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Medan

Istiono, Wirawan. 2008.Education Game with Flash 8.0.Jakarta: Elex MediaKomputindo.

Kuhn, T. S. (2002). The structure of scientific revolution. Diterjemahkan oleh: Tjun Surjaman. Bandung: P. T. Remaja Rosdakarya.

Latuheru, JD. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa. Kini. Jakarta: Depdikbud Mason R.

Ligin, Pengembangan Media Interaktif pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas IX MTsN Medan, Medan: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Medan.

Madcoms. 2007. Mahir dalam 7 hari Macromedia Flash Pro

Mardhatillah, 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK pada Materi Teks Narasi di SDN 106161 Laut Dendang. Jurnal Tematik, 1(16): 78-86

Sururi, N, 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Rangka Manusia berbasis Macromedia Interaktif di SD Negeri 060876 Medan Timur, Jurnal Tematik, 1(16): 45-55

Prasetyo, Dimas Arno. 2006. “Panduan Praktis Menggunkan Macromedia Flash.”. Jakarta: PT Ercontara Rajawali

Rita, 2013. Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Internet Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Chandra Kusuma, Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Medan.

Siagian, 2014. Pengembangan media pembelajaran bahasa indonesia berbasis macromedia flash Professional 8 kelas VSD, Medan: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Medan.

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Mas Media Buana Pustaka.

Trianto, 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Tarigan, H.G. 2013. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Article Metrics
Abstract views: 388
PDF downloads: 248
Published
2017-12-30
How to Cite
Mardhatillah, & Febry Fahreza. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK KELAS V SDN KASIK PUTIH KECAMATAN SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN. Visipena, 8(2), 262-279. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.411
Section
Articles