PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN LANGUNG

  • Mulyadi STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Febry Fahreza STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Rendi Julianda STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Keywords: Learning Media, Audio Visual Media, Learning Achievement, Social Science

Abstract

The purpose of this study is to describe the use of audio-visual media that can improve learning achievement on learning social studies student grade V SD Negeri Langung. This type of research is Classroom Action Research (PTK). Subjects in this study were all students of grade V SD Negeri Langung which amounted to 24 people. This research procedure using planning, implementation, observation and reflection, Technique of collecting data used is observation and test. Data analysis technique using penentration formula (%). The results of this study is the use of audio visual media can improve learning achievement IPS material business and economic activities in Indonesia in grade V SD Negeri Langung West Aceh District. In the first cycle that is equal to 58.3% and on the second cycle students who get the completeness is 83.3%. Thus, the use of audio-visual media can improve learning achievement in the IPS student learning grade V SD Negeri Langung.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Langung. Jenis penilitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Langung yang berjumlah 24 orang. Prosedur penelitian ini menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus penrsentase (%). Adapun hasil penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Pada siklus I yaitu sebesar 58,3% dan pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan ada 83,3%. Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Langung.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Prestasi Belajar, IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2009. Penelitian Tndakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

_________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Asnawir. 2012. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2013. Menciptakan Pembelajaran IPS Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satu delapan.

Fahreza, F., & Husna 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, Volume 4(2): 37-48.

Ngalim, Purwanto. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Riyana. 2014. Guru Sebagai Motivasi Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Rohani. 2007. Sistem Pendidikan Nasional. Solo: Aneka Ilmu

Sadiman, Arif. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Solihatin. E. 2011. Cooperative Learning; Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudradjat, Hari. 2009. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bandung: CV Cipta Cekas Grafika.

Slameto. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugihartono. 2007. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumaatmadja. 2009. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwama. 2013. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana.

Uno, H.B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Usman U. Setiawati. L. 2009. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Winkel. 2010. dalam “http://www.articel.net/ips/hakkiranen.html”. diakses tanggal 25 Februari 2017.

Yasmin, M. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.

Article Metrics
Abstract views: 926
PDF downloads: 6656
Published
2018-06-30
How to Cite
Mulyadi, Febry Fahreza, & Rendi Julianda. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN LANGUNG. Visipena, 9(1), 31-46. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.428
Section
Articles