PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI

  • Muhammad Sulhan Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Character Education, Local wisdom and Globalism

Abstract

The success of a nation is measured by the success of its young generation in the present and the future. Therefore the business in education is the main factor to form a young generation of character. Where quality and competence are the critical success factors. Globalization is where the world has no boundaries, and this is the reality that the world community must face. How to respond to globalization and modernization while maintaining the value of cultural values that characterize a society in a culture. Cultural character education is an approach that must be done so that development can run in accordance with the value of local wisdom value of quality and in accordance with the environment.

 

Abstrak

Keberhasilan suatu bangsa diukur dengan keberhasilan generasi mudanya di masa kini dan masa yang akan datang. Karenanya usaha dibidang pendidikan merupakan faktor utama untuk membentuk generasi muda yang berkarakter . Dimana kualitas dan kompentensi menjadi faktor penentu keberhasilan. Globalisasi adalah di mana dunia sudah tidak mengenal batas, dan ini adalah realita yang harus dihadapi masyarakat dunia. Bagaimana merespon globalisasi dan modernisasi dengan tetap mempertahankan nilai nilai budaya yang menjadi ciri suatu masyarakat dalam suatu egara.Pendidikan karakter berbasis kebudayaan adalah pendekatan yang harus dilakukan agar pembangunan dapat berjalan sesuai dengan nilai nilai kearifan lokal yang berkualitas dan sesuai dengan lingkungannya.

Kata Kunci: Pendidikan karakter, kearifan lokal dan globalisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budimansyah, Dasim. 2011. Pendidikan Karakter; Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa. Bandung: Widaya Aksara Press.

Darmanto J.T dan Sudharsono PH., Mencari Jonsep Manusia Indonesia, 1986

Edison A. Jamli dkk.Kewarganegaraan.2005.Jakarta: Bumi Akasara

Elmubarok, Z. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Fraenkel, J.R. 1977. How to teach about values: an analytic approach.New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Hersh, R.H., Miller, J.P. & Fielding, G.D. 1980. Model of moraleducation: an appraisal. New York: Longman, Inc.

Kohlberg, L. 1971. Stages of moral development as a basis of moraleducation. Dlm. Beck,C.M., Crittenden, B.S. &

Sullivan, E.V.(pnyt.).Moral education: interdisciplinary approaches: 23-92. New York: NewmanPress.

Lickona, T. 1987. Character development in the family. Dlm. Ryan, K. &McLean, G.F.Character development in schools and beyond: 253-273. NewYork: Praeger.

Megawangi, Ratna. 2007. Character Parenting Space. Publishing House Bandung: Mizan.

Superka, D.P. 1973. A typology of valuing theories and valueseducation approaches. Doctor of Education Dissertation. University ofCalifornia, Berkeley.

Tilaar, H.A.R., 1999, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Strategi Reformasi Pendidikan Nasional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

H.A.R, Tilaar, 2004, Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional, Grasindo, Jakarta, hlm. 184. (http://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan- pendidikan-karakter/ diakses tagl 7 Nov 2017)

(https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/09/target-kemendikbud-dalam- pengembangan-pendidikan-dan-kebudayaan-tahun-2017 diakses tgl 7 nov 2017)

Article Metrics
Abstract views: 3760
PDF downloads: 7954
Published
2018-06-30
How to Cite
Muhammad Sulhan. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI. Visipena, 9(1), 159-172. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450
Section
Articles