PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

  • Susilawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Muhammad Sulhan Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Community Service Activity, School Literacy Movement, Literacy Scopes

Abstract

This current community service activity was aimed to socialize The School Literacy Movement (SLM) to the teachers at Islamic School of Hidayatul Mubtadi’in so that the school residents are able to apply the program at their school independently. This service focuses on 3 (three) scopes; (a) the availability of the school's physical environment (literacy facilities and infrastructure), (b) the social and affective environment (support and active participation of all school residents) and (c) the academic environment (literacy program that fosters interest in reading and supporting learning activities). The method used in this activity is the communicative lecture, discussion and question and answer. The results achieved at the end of this activity were the formation of the Hidayatul Mubtadi'in Reading Garden and reading habituation activities for students both inside and outside the classroom.

 

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kepada guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Jakasampurna, Bekasi. Pada akhir kegiatan ini diharapkan warga sekolah dapat melaksanakan program tersebut secara mandiri dan terprogram. Penekanan sosialisasi GLS ini diarahkan pada usaha mengoptimalkan 3 (tiga) ruang lingkup sebagai syarat tercapainya budaya literasi, yaitu (a) tersedianya lingkungan fisik sekolah (fasilitas dan sarana prasarana literasi), (b) lingkungan sosial dan afektif (dukungan dan partisipasi aktif seluruh warga sekolah) dan (c) lingkungan akademik (program literasi yang menumbuhkan minat baca dan menunjang kegiatan pembelajaran). Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil yang dicapai pada akhir kegiatan ini adalah terbentuknya Taman Bacaan Hidayatul Mubtadi’in dan kegiatan pembiasaan membaca bagi siswa baik di dalam maupun di luar kelas.

Kata Kunci: Pengabdian Kepada Masyarakat, Gerakan Literasi Sekolah, Ruang Lingkup Literasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faizah, Dewi Utama, dkk. (2016) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah-Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hidayah,

Layli (2017) Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-ke, Volume 1, Nomer 2, Desember 2017, hlm 48-58

Kusmayadi, I (2006) Think Smart Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grafindo Media Pratama.

Meliawati (2016) Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.

Muslich, Masnur (2011) Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis. Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastisi, Sri, 2009. Membaca. Semarang: Griya Jawi.

Rahayu, W (2015) Model Pembelajaran Komeks: Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Katrakter Aspek Membaca Intensif di SD. Yogyakarta: Deepublish.

Riduan, Akhmad (2016) Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan). Vol 3. DO - 10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886

Suyono, Titik Harsiati, Ika Sari Wulandari (2017) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar; 26 Nomor 2, November 2017, hlm 116-123.

Article Metrics
Abstract views: 1215
PDF downloads: 2111
Published
2018-12-31
How to Cite
Susilawati, & Muhammad Sulhan. (2018). PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Visipena, 9(2), 261-273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458
Section
Articles