PEMAHAMAN MASYARAKAT GOWA TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERINTEGRASI DALAM SARAK SEBAGAI UNSUR PANGNGADAKKANG DI KABUPATEN GOWA

  • Rusli Malli Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sumiati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • St. Rajiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurani Asiz Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Values Of Islamic Education, Integrated, Sarak, Pangngadakkang

Abstract

The values of Islamic education are integrated in Sarak as a Pangngadakkang element for the community of Gowa. This research aims to describe the public understanding of Gowa about Islamic blowing values integrated in Sarak as a pangngadakkang element, and further listen to the level of its application in Gowa Regency. The research methodology used in research is a type of qualitative study, a method of approach based on theories of Islamic education approaches and other areas of science that support such as normative theological approaches, Psychological and sociological and historical approaches that include an interdisciplinary approach, whose data refers to field research and is supported by the library research. Data obtained, directly from the research site by means of meeting the informant. The data collection procedures are through observation, interviews, questionnaires, and documentation. Processing and analyzing their data qualitatively. The results of this study concluded that the values of Islamic education in Sarak as an element in the community of Gowa in the form of ethical rules, customs, social conventions that govern the order of society based on Islam. These values partially filter the indigenous peoples and on the other hand rather enrich the customs in various aspects of Islamic education values such as spiritual, intellectual, moral, social and ritual values. The values are also reflected in the tradition of Kasiratangngang (in conformity) in the election of the match, the custom of the marriage event, for the people of Gowa.  The implications of Islamic education values integrated in Sarak as a form of pangngadakkang for the community of Gowa, can be seen in the increasing faith of the community, the implementation of good worship, and the establishment of noble morality.

 

Abstrak

Nilai-nilai pendidikan Islam yang terintegrasi dalam sarak sebagai unsur pangngadakkang bagi masyarakat Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman masyarakat Gowa tentang Nilai-nilai penidikan Islam yang terintegrasi dalam sarak sebagai unsur pangngadakkang,serta menyimak lebih lanjut pada tataran penerapannya di Kabupaten gowa. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian kualitatif, metode pendekatan yang berdasar pada teori-teori pendekatan ilmu kependidikan Islam dan bidang ilmu lain yang mendukung seperti pendekatan teologis normatif, pendekatan psikologis dan sosiologis dan historis sehingga tercakup pula di dalamnya pendekatan antardisipliner, yang datanya merujuk pada field research dan ditnunjang library research. Data yang diperoleh, langsung dari lokasi penelitian dengan cara menemui informan. Adapun prosedur pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis datanya secara kualitatif. Hasil penelitian ini  disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam  sarak sebagai unsur  pangngadakkang di kalangan masyarakat Gowa berupa aturan-aturan etika, adat istiadat, kaidah-kaidah sosial yang mengatur tata tertib masyarakat berdasarkan Islam. Nilai-nilai tersebut sebagian memfilter adat masyarakat dan di sisi lain justru lebih memperkaya adat istiadat dalam berbagai aspek tata nilai pendidikan Islam seperti nilai spiritual, intelektual, moral, sosial dan ritual. Nilai-nilai itu tercermin pula dalam tradisi kasiratangngang  (kesepadanan) dalam pemilihan jodoh, adat acara perkawinan, bagi masyarakat Gowa.  Implikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terintegrasi dalam sarak sebagai unsur pangngadakkang bagi masyarakat Gowa, dapat dilihat pada semakin meningkatnya keimanan masyarakat, pelaksanaan ibadah secara baik, dan pembentukan akhlak mulia.

Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Terintegrasi, Sarak, Pangngadakkang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Hamid. Manusia Bugis Makassar; Suatu Tinjauan Terhadap Pola Tingkah Laku dan Pandangan Hidup Manusia Bugis-Makassar. Jakarta: Inti Idayu Press, 1985.

al-Attās, Muhammad Naquib. Aims and Objective of Islamic Education. Jeddah: King Abd. al-Azīz, 1999.

Brubacher, John S. Modern Philosophies of Education. New Delhi: Tata Graw-Hill Publishing Company LTD, 1981.

Gassing, H. A. Qadir dan Wahyuddin Halim (ed), Pedoman Penulisan Karya Ilmiah; Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Edisi Revisi III. Makassar: UIN Alauddin, 2008.

Kunadar, Pendidikan Indonesia dan Problematikanya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.

Matthes, Makassaarche Chrestomathie. Amsterdam: Gedrukt ED, 1992.

Park, Joe. Selected Reading in The Philosophy of Education. New York: The Macmillang Companiy, 1970.

Rama, Bahaking. Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Parodatama Wiragemilang, 2003.

Rapar, J. H. Filsafat Politik; Plato, Aristoteles, Agustinus, Machiavenlli. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2002.

Sewang, Ahmad M.. Islamisasi Kerajaan Gowa. Cet. II; Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005.

Yasin Limpo, Syahrul. Profil Sejarah; Budaya dan Pariwisata Gowa. Sungguminasa: Pemda Gowa bekerjasama dengan Yayasan Eksponen Gowa, 1996.

Article Metrics
Abstract views: 482
PDF downloads: 2837
Published
2019-12-31
How to Cite
Rusli Malli, Sumiati, St. Rajiah, & Nurani Asiz. (2019). PEMAHAMAN MASYARAKAT GOWA TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERINTEGRASI DALAM SARAK SEBAGAI UNSUR PANGNGADAKKANG DI KABUPATEN GOWA. Visipena, 10(2), 271-280. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.506
Section
Articles