PENGARUH EKSPERIMEN SAINS PADA MATERI MENCAMPUR WARNA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 PADA TK PERTIWI BANDA ACEH
Abstract
Pembelajaran eksperimen sains di TK dapat membantu pemahaman anak tentang konsep sains, membantu meletakkan aspek-aspek yang terkait dengan keterampilan sains untuk dapat meningkatkan kognitif anak. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah eksperimen sains pada materi mencampur warna berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B2 di TK Pertiwi Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh eksperimen sains pada materi mencampur warna terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B2 di TK Pertiwi Banda Aceh. Metode yang digunakan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B2 di TK Pertiwi Banda Aceh yang berjumlah 24 anak. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 24 anak yang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Pengumpulan data menggunakan pretest dan postest, dokumentasi, serta observasi dan pengolahan data menggunakan rumus statistika uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bahwa thitung > ttabel, yaitu 9,23 > 2,07 sehingga hipotesis dalam penelitian ini di terima. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa eksperimen sains dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak sebesar 4,25 atau tergolong dalam kategori baik. Disarankan kepada guru untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan variasi dan inovasi metode dalam permainan yang beragam sehingga kemampuan kognitif anak dapat meningkat.
References
Ali, Mohammad. 2012. Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajrin, Shofa Afriyani. 20154. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang. Semarang: PAUD IKIP Semarang.
Hamdani. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Jakarta: Refika Aditama.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: Iscom Medan.
Nugraha. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Pupuh, dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.
Rusman. 2011. Seri Manajemen Sekolah Bermutu; Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Samatowa. 2011. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2011. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning; Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
STKIP Bina Bangsa Getsempena. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena.
TK Pertiwi. 2015. Profil TK Pertiwi Banda Aceh. Banda Aceh: TK Pertiwi Banda Aceh.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Widia. 2007. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta
PDF downloads: 962