PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK DI PAUD IT SUNNAH BANDA ACEH

  • Ayi Teiri Nurtiani STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Romayanti STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kode Etik Profesi Guru, Akhlak

Abstract

Kode etik guru merupakan norma-norma yang harus diindahkan dan diamalkan oleh setiap guru dalam pelaksanaan tugas di sekolah dan pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat. Akhlak merupakan salah satu ajaran Islam yang terpenting, sebab dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat melepaskan diri dari kehidupan sosial, baik sesama manusia maupun dengan alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai suri teladan dalam membentuk akhlak anak di PAUD IT Sunnah Banda Aceh dan hambatan yang dihadapi guru dalam membentuk akhlak anak di PAUD IT Sunnah Banda Aceh. Penelitian ini bersifat lapangan (field research), sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi instrumen di dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai suri teladan dalam membentuk akhlak anak sudah baik, karena semua guru yang mengajar di PAUD IT Sunnah berusaha untuk membina agar tingkah laku anak berubah dari kebiasaan dan tingkah laku yang tidak baik menjadi kebiasaan dan tingkah laku yang baik. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam membentuk akhlak anak di PAUD IT Sunnah Banda Aceh adalah sifat anak yang sering dimanjakan di rumah sehingga di sekolah juga manja, anak sering tidak hadir ke sekolah sehingga banyak materi pelajaran yang tertinggal, begitu juga ada anak yang berasal dari lingkungan yang keras sehingga ketika guru mendidiknya maka anak tersebut juga bersikap keras yakni suka membantah.

References

A. Rahman Ritonga. (2005). Akhlak. Surabaya: Amelia Surabaya.

Abuddin Nata. (1991). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Bumi Aksara.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles Mathew B dan Huberman A, Michel. (2005). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode, Jedtjed Rohendi Rohidi (Penterjemah). Jakarta: Universitas Indonesia.

Muhammad Hasyim. (2005). Penentuan Dasar Kaedah Penelitian Masyarakat. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Muhammad Jamaludin Ali Mahfuzh. (2001). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Suwardi. (2008). Manajemen Pembelajaran. Salatiga: JP Books.

Permendiknas No. 16 tahun 2007

Article Metrics
Abstract views: 212
PDF downloads: 207
Published
2017-03-30
How to Cite
Ayi Teiri Nurtiani, & Romayanti. (2017). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK DI PAUD IT SUNNAH BANDA ACEH. Jurnal Buah Hati , 4(1), 1-9. https://doi.org/10.46244/buahhati.v4i1.551
Section
Articles