ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MTSN 2 KEDIRI MELALUI METODE SQ3R

  • Nur Khofifatul Khoiroh Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Novi Dwi Putriana Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Eva Fitri Anggraini Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Alfiatun Na’imah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nurul Dwi Lestari Institut Agama Islam Negeri Kediri
Keywords: Membaca pemahaman, metode SQ3R, kemampuan membaca

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan dan bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) di kelas VIII-G MTSN 2 Kediri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan membaca pemahaman, dan mengingat pada setiap bacaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek enam siswa kelas VIII-G. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1. Menelaah data, 2. Mereduksi data, 3. Menyajikan data, 4. Menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes pemahaman bacaan menggunakan teks “Gadis Penjual Korek Api” karya Hans Christian Andersen. Tes terdiri dari soal yang menilai pemahaman literal, interpretatif, kreatif, dan kritis. Hasil penelitian menunjukkan variasi tingkat pemahaman siswa beberapa siswa menunjukkan pemahaman baik hingga sangat baik dengan nilai rata-rata siswa 77,8, sementara beberapa lainnya membutuhkan peningkatan, terutama dalam pemahaman literal.


Abstract
This research is motivated by the low ability of students to understand reading texts and aims to spread improvements in students' reading comprehension abilities through the application of the SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) method in class VIII-G MTSN 2 Kediri. This research aims to help students develop reading, understanding and remembering skills in every reading given by the teacher. This research used a qualitative method with six students in class VIII-G as the subject. The data analysis technique used is qualitative descriptive data analysis, which consists of 4 stages, namely: 1. Examining the data, 2. Reducing the data, 3. Presenting the data, 4. Drawing conclusions. Data was collected through observation and reading comprehension tests using the text "The Girl Selling Matches" by Hans Christian Andersen. The test consists of questions that assess literal, interpretive, creative, and critical understanding. The results showed variations in students' levels of understanding, some students showed good to very good understanding with an average student score of 77.8, while some others needed improvement, especially in literal understanding.

References

Agusalim, S. R., Sayidiman, & Nurhaedah. (2023). Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Education, 3(1), 201–211.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Ayuningrum, S., & Herzamzam, D. A. (2022). No Title. 5(Snip 2021), 232–238.

Dewi, D. K., Setiawan, H., & Makki, M. (2021). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Rumak Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Ilmiah Widya Pustaka. 9(1), 44–51.

Ida Nursanti, Syarif Sumantri, dan N. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran SAS Dalam Setting Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I (satu) Sekolah Dasar Negeri Jatimakmur III Pondok Gede Bekasi Jawa Barat. 7, 1–19.

Ilmi, D. N., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (n.d.). (2017) Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman, JPGS: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah 2(4) 88-99 https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i4.14009

Istiqamah, I., & Normuliati, S. (2019). Pelatihan Metode Membaca SQ3R untuk Siswa Madrasah Tsanawiah Raudhatusyubban: SQ3R Reading Method Training for Tsanawiah Raudhatusyubban Madrasah Students. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 24–29. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v4i1.552

Nursabiela, I., Putri, R., Yulianto, A & Kusumaningrum, S. (2023). Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3318

Putri, Yudha Eka, Siti Halidjah, and T. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. JPPK (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa,8(3) http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31853

Rima Dwi Ariani, Fahrurozi, & Sarkadi. (2019). Penerapan Metode Quantum Reading Dan Cooperative Script (QRCS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Skimming Dalam Membandingkan Isi Dua Teks Pada Siswa Kelas V SDN 02 Cipanas Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Metamorfosa , 7(1), 1-11. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/235

Sakinah, W. P., & Ibrahim, N. (2023a). Pengaruh Metode Sq3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1), 38–45.

Sakinah, W. P., & Ibrahim, N. (2023b). SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ELSE ( Elementary School Education. 7(1), 38–45.

Setyowati, Y. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode SQ3R dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Memahami Bacaan SIswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Sawahan. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 80. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5729

Sobri, S. (2017). Strategi Belajar SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Bacaan Siswa. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(1), 57–75. https://doi.org/10.22236/jollar.v1i1.1242

Susanti, Y. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Kelas X Di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Pendidikan Hayati, 2(2), 59–71.

Verawati, V., & Syarfuni, S. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Keterampilan Pemahaman Membaca Meta-Kognitif Mahasiswa. Jurnal Metamorfosa , 11(1), 34-47. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v11i1.2028

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Zasnimar, Z. (2020). Penerapan Metode SQ3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sdn 002 Toapaya. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(2). https://doi.org/10.26418/jpp.v5i2.43093

Article Metrics
Abstract views: 81
PDF downloads: 45
Published
2024-07-30
How to Cite
Khoiroh, N. K., Putriana, N. D., Anggraini, E. F., Na’imah, A., & Lestari, N. D. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MTSN 2 KEDIRI MELALUI METODE SQ3R. Jurnal Metamorfosa , 12(2), 103-115. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v12i2.2685
Section
Articles