PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS III SD NEGERI 70 KUTA RAJA BANDA ACEH

  • Resti Fauziah STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Sumber Daya Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).Objek penelitian adalah siswa kelas IIIB SD Negeri 70 Kutaraja dengan jumlah 22 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket pengamatan aktivitas guru, angket partisipasi siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa:rata-rata aktivitas guru 3,62, rata-rata Partisipasi siswa 3,12, dan hasil belajar mencapai KKM 65 sebanyak 77,27% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sumber daya alam di SD Negeri 70 Kutaraja Banda Aceh.

References

Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Azwar. Saifudin. 1996. Tes Prestasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Burhanudin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmodjo, 1992. Memahami karakteristis Siswa Sd. Bandung: Refika Adiama.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hasibuan. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isjoni, 2009, Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfa Beta.

Korayanti, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Negeri Mancasan Gamping Sleman. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

Mansyur, dkk. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Depdiknas.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik. 2004. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sanjaya. 2011. Metodelogi Penelitian. Bandung: Rosda Karya

Sardiman. A. M, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, Robert E 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Alih bahasa: Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno dan Rachmadi AS, 2010: 3. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III SD. Jakarta: Yudhistira

Suyitno, Amin, 2007. Pemilihan Model-Model Pembelajaran Dan Penerapannya di SMP, Semarang: UNNES

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wahyudin, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel, 2006, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Gramedia, Jakarta.

Article Metrics
Abstract views: 1738
PDF downloads: 2236
Published
2016-02-29
How to Cite
Resti Fauziah, & Aprian Subhananto. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS III SD NEGERI 70 KUTA RAJA BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 3(1), 43-65. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/619
Section
Articles