PENDATAAN, PEMETAAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA PENDIDIKAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN DARI TAHUN 2002 SAMPAI DENGAN 2012

  • Dadi Dartija STKIP Bina Bangsa Getsempena

Abstract

Proses pembelajaran pendidikan jasmani di Kabupaten Aceh Selatan pada umumnya berjalan belum efektif. Hal ini disebabkan oleh keberadaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan di Kabupaten Aceh Selatan sebagai faktor pendukung dalam proses pembelajaran jasmani masih belum memadai. Sesuai dengan permasalahan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul pendataan, pemetaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan di Kabupaten Aceh Selatan dari tahun 2002 sampai dengan 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan di Kabupaten Aceh Selatan dari tahun 2002 sampai dengan 2012 dan mengetahui peningkatan sarana dan prasarana olahraga pendidikan di Kabupaten Aceh Selatan dari tahun 2002 sampai dengan 2012 dengan jumlah sampel 18 sekolah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian survei. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan format observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mentabulasi hasil pengamatan ke dalam tabel dan grafik untuk mengetahui keberadaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum keberadaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan masih belum memadai. Keberadaan sarana dan prasarana untuk materi senam, atletik, sepak bola, bola voli, bola basket, bulu tangkis dan tenis meja berada pada kategori kurang lengkap. Sedangkan untuk materi tenis lapangan, bela diri, dan renang berada pada kategori tidak lengkap. Adapun pemetaan keberadaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan di Kabupaten Aceh Selatan masih belum merata untuk setiap sekolah penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

KEMENEGPORA (2010). Penyajian Data dan Informasi Statistik Keolahragaan. Jakarta: KEMENEGPORA.

Nasution, Rozaini. (2003). Teknik Sampling. Digitized by USU digital library. www.google.com

PDPJOI (2010). Program Pendataan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: KEMENEGPORA

Saebani, Beni, A. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Oepartono, (2000). Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. www.google.co.id.

Soekatamsi dan Srihati, Waryati. (1996). Prasarana dan Sarana Olahraga. Surakarta: UNS Press. www.google.co.id

Sudijino, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyanto (2008). Mengkaji Ilmu Geografi 3. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Supranto. J. (2000). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Suyanto. (2007). Pengembangan Tripilar Olahraga Berbasis Sinergi Untuk Menggapai Prestasi Menuju Masa Depan Sejahtera. http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com.

Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional, (2008). UU RI No. 3 Th. 2005. Jakarta: Sinar Grafika. http;//www.google.com.

Waluya, Bagja., (2006). Memahami Geografi SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Article Metrics
Abstract views: 918
PDF downloads: 770
Published
2013-06-30
How to Cite
Dadi Dartija. (2013). PENDATAAN, PEMETAAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA PENDIDIKAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN DARI TAHUN 2002 SAMPAI DENGAN 2012. Visipena, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i1.115
Section
Articles