KONTRIBUSI MAJELIS PENDIDIKAN DAERAH KABUPATEN NAGAN RAYA DALAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN
Abstract
Regional Education Council of Nagan Raya have a role as an independent community-based organization which give its contributions in giving solution or consideration to local government in deciding the education policies. The aims of this research were to find out the planning, the mechanism, the evaluation and the obstacles which faced by Regional Education Council of Nagan Raya in giving its educational contributions. This research was conducted by descriptive method through qualitative approach. The research showed that: (1) Regional Education Council of Nagan Raya has only implemented 7 programs in order to give its contributions to the local government in order develop education quality. (2) The mechanism of program implementation is implemented by a good management through focused on planning, organizing, actuating and controlling. (3) The evaluation which made in every program is implemented by a comprehensive evaluation which focused on every problem and gap which occurred. (4) The main obstacle which faced by Regional Education Council Nagan Raya in giving its educational contributions are about Regent’s political will and the deficit of district budget.
Abstrak
Majelis Pendidikan Nagan Raya memiliki peran sebagai lembaga independen yang berbasis masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: perencanaan program, mekanisme pelaksanaan program, evaluasi program dan hambatan-hambatan yang dihadapi Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Nagan Raya dalam memberikan kontribusi pembangunan pendidikan di Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Nagan Raya telah melaksanakan 7 program yang sesuai dengan tugas dan wewenang yang diamanahkan dalam qanun yang berlaku. (2) Mekanisme pelaksanaan program yang dilakukan Majelis Pendidikan Daerah Nagan Raya dijalankan dengan manajemen yang baik yaitu dengan melaksanakan planning, organizing, actuating dan controlling. (3) Evaluasi yang dilakukan Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Nagan Raya tidak dilaksanakan dengan menjalankan fungsi manajemen dengan baik, mealainkam hanya berfokus pada setiap masalah atau kesenjangan yang terjadi pada setiap program melalui observasi langsung. (4) Hambatan utama yang ditemukan Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Nagan Raya dalam memberikan kontribusinya pendidikannya adalah Political Will dari Bupati Nagan Raya serta defisitnya anggaran daerah.
Downloads
References
Awaluddin & Hendra. (2018). Fungsi Manajemen dalam Pengadaan Infrastruktur Pertanian Masyarakat di desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Jurnal Untad, (2) 1
Ferdiansyah. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Herya Media
Majid, M. Sabri Abd. 2014. Revitalisasi Pendidikan Aceh. Jurnal Pencerahan, (10) 2
Muthe, A P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Jurnal Scholaria, (5) 2
Palinkas, L. A., S. M. Horwitz, C. A. Green, J. P. Wisdom, N. Duan, and K. Hoagwood. 2015. Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research 42 (5)
Purwanto, A. (2016). Pengaruh Kondisi Keuangan dan Politik terhadap Perubahan Anggaran pada Pemerintah Daerah di indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, (16)2
Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2006 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Majelis Pendidikan Daerah Nanggroe Aceh Darussalam. Banda Aceh: Gubernur Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam
Rusniati. (2015). Pendidikan Nasional Dan Tantangan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Didaktika, (16)1
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Siyoto, S & Ali S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing: Sleman
Tapala, I. (2018). Pengaruh motivasi kerja terhadap Kinerja Pegawai di kantor Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis, (6)1
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang: Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Walidin, W, Saifullah & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Aceh: FTK-Ar-Raniry Press
World Bank Group. (2015). Managing Evaluations: A How-To Guide for Managers and Commissioners of Evaluations. Washinton DC
Zanah, R F M & Jaka Sulaksana. (2016). Pengaruh Fungsi Manajemen Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan, (4)2
Abazović, Dino & Asim Mujkić. (2015). Political Will: A Short Introduction Case Study-Bosnia And Herzegovina. Sarajevo: Friedrich-Ebert-Stiftung (FES)
pdf downloads: 198