SUPERVISI AKADEMK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI TADU ATEUH KABUPATEN NAGAN RAYA

  • Sri Rosi Antina Universitas Syiah Kuala
  • Yusrizal Yusrizal Universitas Syiah Kuala
  • Nasir Usman Universitas Syiah Kuala
Keywords: Academic Supervision, Pedagogical Competence

Abstract

Academic supervision is a process taken by the principal to improve teacher's ability to manage studies. This study aims to determine the program, implementation, follow-up, supporting factors, and obstacles to the academic supervision of principals in improving teacher's pedagogical competence in Sekolah Dasar Tadu Ateuh, Nagan Raya Regency. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation study. The research subjects were the principal and teachers. Data were analyzed using reduction techniques, presentation, and drawing conclusions. The results showed: (1) the academic supervision program was made based on the school's strategic plan, namely increasing teacher's ability to manage effective study; (2) The implementation of academic supervision uses practical, objective, humanist, sustainable, and constructive principles through approaches and techniques based on teacher characteristics; (3) The principal provides guidance and direction, then teachers are recommended to attend competency improvement training; (4) The supporting factors for academic supervision are the teacher's willingness to learn, good teacher perceptions, the principal's knowledge and harmonious relationships between school members. Obstacles to academic supervision are sudden external activities of the school principal so that the supervision schedule that has been arranged is disrupted. There are no senior teachers who can help the principal. There are no religious teachers and sport teachers, thus increasing the workload of classroom teachers. Teachers were unable to attend the scheduled class visit schedule.

Abstrak

Supervisi akademik merupakan suatu proses yang ditempuh oleh kepala sekolah untuk membantu guru meningkatkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, pelaksanaan, tindak lanjut, faktor pendukung dan hambatan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar Negeri Tadu Ateuh Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Data dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program supervisi akademik dibuat berdasarkan salah satu rencana strategis sekolah, yakni meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang efektif; (2) Pelaksanaan supervisi akademik menggunakan prinsip praktis, objektif, humanis, berkesinambungan dan konstruktif melalui pendekatan dan teknik berdasarkan karakterisktik guru; (3) Kepala sekolah memberikan bimbingan dan pembinaan, kemudian guru direkomendasikan untuk mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi; (5) Faktor pendukung supervisi akademik adalah kemauan guru untuk belajar, persepsi guru yang baik tentang supervisi akademik, pengetahuan kepala sekolah dan hubungan harmonis antar warga sekolah. Hambatan dalam supervisi akademik yaitu kegiatan eksternal kepala sekolah yang sifatnya mendadak sehingga jadwal supervisi yang sudah disusun menjadi terganggu. Tidak ada guru senior yang dapat membantu kepala sekolah. Tidak ada guru mata pelajaran pendidikan agama dan guru mata pelajaran olahraga sehingga menambah beban kerja guru kelas. Guru berhalangan hadir pada jadwal kunjungan kelas yang sudah ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, Karnati & Rochana. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kerjasama Tim terhadap Efektifitas Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Bekasi. Visipena Journal. 10(20), 260. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/505 (Diakses 15 Oktober 2020).

Ajasan, Nasir Usman & Niswanto. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(3), 3. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/73448/efektivitas-pelaksanaan-supervisi-akademik-oleh-kepala-sekolah-dalam-meningkatka (Diakses 8 Juli 2020).

Arifah, Kunthi. (2015). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru Melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SD Negeri Candirejo 01 Tahun 2014 – 2015. Scholaria Journal, 5(2), 120. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/21 (Diakses 26 Juni 2020).

Budiarti, Wasmaini, Yusrizal & Nasir Usman. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kinerja Guru Kimia di SMAN1 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(2), 24. Retrieved from http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2538 (Diakses 8 Juli 2020).

Chairunnisa, Connie. (2016). Manajemen Pendidikan Dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Creswell, John W. (2016). Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Danim, Sudarwan & Khairil. (2015). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Febriana, Rina. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitri, Nurul, Khairuddin & Niswanto. (2016). Supervisi Pengajaran oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru pada SMA Tarbiyah Labuhan Haji Aceh Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(4), 64. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/5692 (Diakses 7 Maret 2020).

Henny. (2015). Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru pada SMA Methodist Kota Banda Aceh. Intelektualita Journal, 3(2), 8. Retrieved from https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/404 (Diakses 14 Juli 2020).

Irwantoro, Nur dan Yusuf Suryana. (2016). Kompetensi Pedagogik, Untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Surabaya: Genta Group Production.

Istianah, Iis. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan Man Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 77. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/19861 (Diakses 17 Oktober 2019.

Jannah, Baiq Umiati Radiatul. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Melalui Supervisi Akademik dalam Proses Pembelajaran Semester Satu Tahun 2015/2016 di SD Negeri 23 Mataram. Jurnal Bina Media Ilmiah, 10(12), 2. Retrieved from http://www.lpsdimataram.com/ (Diakses 21 Oktober 2019).

Kompri. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah, Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana.

Novianti, Herna. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(2), 353. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1130/938 (Diakses 7 Juli 2020).

Panduan Supervisi Akademik. (2017). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Priansa, Doni Juni. (2017). Menjadi Kepala Sekolah dan Guru Profesional, Konsep, Peran Strategis dan Pengembangannya. Bandung: CV Pustaka Setia.

Priansa, Doni Juni dan Sonny Suntani Setiana. (2018). Manajeman & Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rangkuti, Ahmad Nizar. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan Penelitian Pengembangan. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Setiawan, Eko. (2018). Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syukri, Cut Zahri Harun & Nasir Usman. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(2), 81. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article /view/2561 (Diakses 24 Juni 2020).

Tatang S. (2016. Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2017). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zulfikar,Yusrizal, & Sakdiah Ibrahim. (2017). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(3), 197. Retrieved from http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/9354 (Diakses 13 Juli 2020).

Zuraida. (2018). Penerapan Supervisi Akademis Pengawas Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non Kependidikan SDN 003 Bagan Hulu Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Pajar, 1(1), 139. Retrieved from http://ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/4888 (Diakses 6 Maret 2020).

Article Metrics
Abstract views: 90
pdf downloads: 51
Published
2020-12-31
How to Cite
Sri Rosi Antina, Yusrizal, Y., & Usman, N. (2020). SUPERVISI AKADEMK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI TADU ATEUH KABUPATEN NAGAN RAYA. Visipena, 11(2), 281-294. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1224
Section
Articles