STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI DI TRUMON RAYA

  • Dahniar Dahniar Universitas Syiah Kuala
  • Yusrizal Yusrizal Universitas Syiah Kuala
  • Nasir Usman Universitas Syiah Kuala
Keywords: Strategy, The head Master, Empowering the teacher’s performances

Abstract

The head master is top manager as the strategies roles in empowering the teacher performances. The purpose of this research is to know: arranging programs, the implementing programs, evaluation and obstruction challenging of the head master in empowering the teacher performances at SMA Negeri Trumon Raya. This research using qualitative research method descriptive. The techniques using to collected data those are: interview, observation, and documentation study. The subject of this research are head master and teachers. The results of this research show those are:  menunjukkan (1) the arranging program conducted by the head master in empowering the teacher performances to analysis initial needed, from the result of analysis that defined what will discussed to developing the teacher performances. (2) The implementing strategy program in empowering the teacher performances in holding the MGMP training activities. For instances workshop, assigning each teachers to conduct the lesson plan, harnessing the peer teachers in circumstances, and the teacher facilities needed. The strategy conducting by the head master is the ways to organizing the function as the tool in communication, share knowledge, thinking, and experiences in increasing the teacher performances. (3) The evaluation program conducting with the way is academics supervision with the visiting classroom techniques. And (4) the obstruction faced by the head master those are lack of indiscipline’s of teacher, tendency of teacher in copy paste the lesson plan, and less of competence of teachers in mastering the learning technology, lack of facilities in supporting the learning process.

Abstrak

Kepala sekolah sebagai top manager memiliki peran yang sangat strategis dalam memberdayakan kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: penyusunan program, strategi pelaksanaan program, evaluasi dan hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam perberdayan kinerja guru pada SMA Negeri di Trumon Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan program yang dilakukan kepala sekolah dalam pemberdayaan kinerja guru dengan menganalisis kebutuhan awal, dari hasil analisis tersebut baru ditentukan apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan kinerja guru; (2) Strategi pelaksanaan program pemberdayaan kinerja guru dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan MGMP, pelatihan berupa workshop, menugaskan setiap guru mata pelajaran untuk membuat perangkat pembelajaran, memanfaatkan tutor sebaya sesama guru dilingkungan sekolah, dan memfasilitasi guru terhadap keperluannya. Strategi yang dilaksanakan kepala sekolah merupakan wadah asosiasi yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, bertukar ilmu, fikiran dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru; (3) evaluasi program dilakukan dengan cara melakukan supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas, dan (4) kendala yang dihadapi adalah kurangnya kedisiplinan guru, kecendering guru melakukan copy paste dalam mencari bahan ajar, keterbatasan kemampuan guru dalam menguasai teknologi pembelajaran, kurangnya fasilitas penunjang proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banun, Sri, Yusrizal, dan Nasir Usman. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMP Negeri 2 Unggul Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1(4), 137. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/74225/strategi-kepala-sekolah-dalammeningkatkan-mutu-pendidikan-pada-smp-negeri-2-ung (Diakses 9 Juli 2020).

Diadha, Rahminun. (2015). Keterlibatan Orang Tua dalamPendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 20. Retrieved from http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/view/161 (Diakses 4 Mai 2020).

Fakrurridha dan Nurdin. (2019). Pelaksanaan MGMP dalam Meningkatkan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 7. Retrieved from http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu/article/view/1456 (Diakses 12 Agustus 2020).

Fitriani. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Mutiara Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(20), 70. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/94580/strategi-kepala-sekolah-dalam-meningkatkan-kinerja-guru-di-sma-negeri-1-mutiara (Diakses 17 Juli 2020).

Ginanjar, Arif dan Maman Herman. (2019: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri. Journal of Education Managemen and Administration Review, 3(1), 3. Retrievedfrom.https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/2942 (Diakses 14 Juli 2020).

H. A. Rusdiana. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ismuha. dan Khairudin, Djailani AR. (2016). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 10(20), 260. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/74374/kompetensi-manajerial-kepala-sekolah-dalam-meningkatkan-kinerja-guru-pada-sd-neg (Diakses 3 Mai 2020).

Lisnawati, Rita. (2017). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Universitas Negeri Surabaya, 1(2), 144. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/777 (Diakses 27 Agustus 2020).

Mahmudi, Ihwan. (2014). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 6(1), 113. Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/551 (Diakses 24 Maret 2020).

Mesiono. (2015). Efektivitas Manajemen Berbasis Madrasah/Sekolah Perspektif Ability and Power Leadership. Yogyakarta: Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 12. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/3748/ (Diakses 20 Oktober 2020).

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 3(3), 104. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2873 (Diakses 22 Juni 2020).

Padmawati, Hety dan Udin ,Syaefuddin, Sa’ud. (2016). Strategi Pemberdayaaan Guru Militer. Jurnal Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 23(2), 53. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/issue/view/654 (Diakses 19 Juli 2020).

Prasojo, Lantip Diat. (2015). Supervisi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 13(2), 25. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/4275/3345 (Diakses 6 September 2020).

Priansa, Juni Doni. (2016). Perencanan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Qurtubi Ahmad. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Memfasilitasi Pembinaan Guru di Lingkungan Sekolah Multikultural Melalui Kepemimpinan Profesional. Jurnal Mimbar Pendidikan Universitan Pendidikan Indonesia, 2(1), 82. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik/article/view/6024 (Diakses 28 Juni 2020).

Rahayu, Fatmi. (2013). Analisis Intensitas Pendidikan Oleh Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonimi Orang Tua TerhadapMotivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Manajemen Universitas Negeri Malang, 18(1), 3. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/2759 (Diakses 14 Juli 2020).

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sholeh, Muhamad. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Universitas Pendidikan Negeri Jakarta, 1(1), 43. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/560 (Diakses 2 Juni 2020).

Sumarno. (2017). Manajemen Dumber Daya Manusia Sekolah Dasar Unggulan di Daerah Pedesaan Kabupaten Boyolali. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 28(3), 12. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/57326/ (Diakses 13 Juni 2020).

Susanto, Hary. (2013) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 297. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1028 (Diakses 17 Mai 2020).

Syamsul, Herawati. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Idaarah Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, UMI Makkasar, 1(2), 25. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/4271 (Diakses 8 Juni 2020).

Turere, Verra Nitta. (2013). Pengeruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan pada Balai Pelatihan Kalasai. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi Manado, 1(3), 12. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1368 (Diakses 19 Juni 2020).

Undang-Undang, SISDIKNAS Nomor 20 Tahun (2003) Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Wahyudi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization) penerbit: Alfabeta.

Article Metrics
Abstract views: 81
pdf downloads: 69
Published
2020-12-31
How to Cite
Dahniar, D., Yusrizal, Y., & Usman, N. (2020). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI DI TRUMON RAYA. Visipena, 11(2), 474-488. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1232
Section
Articles