IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA

  • Eva Dwi Endah Silvia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Feri Tirtoni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Independent learning curriculum, character cares for the environment, Adiwiyata

Abstract

The purpose of this study to determine the implementation of an independent learning curriculum based on character education that cares for the environment in adiwiyata schools for students in elementary schools (SD) in maintaining the title of adiwiyata school at the Sidoarjo Regency level. The population in this study is several elementary schools in Sidoarjo Regency. The research was conducted using a qualitative approach. The data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The research informants were the Principal and Teacher of class IV. The data analysis technique used is an interactive analysis technique which includes data collection, data reduction, data presentation, then drawing a conclusion. The results showed that through strategies in maintaining the character of caring for the environment can provide convenience in character building to students, including consistency in applying habituation and school culture. So that the character of caring for the environment has a major influence in the process of character building during the learning period based on the independent learning curriculum.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar berbasis pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata terhadap siswa di sekolah dasar (SD) dalam mempertahankan gelar sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa sekolah dasar di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Kepala sekolah dan Guru kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi dalam mempertahankan karakter peduli lingkungan dapat memberi kemudahan dalam pembentukan karakter kepada siswa diantaranya konsisten dalam menerapkan pembiasaan dan budaya sekolah. Sehingga karakter peduli lingkungan berpengaruh besar dalam proses pembentukan karakter dimasa pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Adzka. (2022). Implementation of Environmental Education in Improving The Environmental Ethics of Madrasah Ibtidaiyah Students. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru MI, 12, 99-108.

Alamsyah, M. (2020). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik SD Negeri 05 Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Skripsi Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Al-Anwari, M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri SD Negeri Tulungrejo 4 Batu. Ta'Dib Jurnal Pendidikan Islam, 227-252.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Study Guru dan Pembelajaran Universitas Cokroaminoto Palopo, 4, 191-205.

Dahlia Sibagariang, H. S. (2021). PERAN GURU PENGGERAK DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14, 89-99.

E.S. Han and A. goleman, d. b. (2019). Program Adiwiyata. Jurnal Informasi dan pemodelan, 53, 1689-1699.

Hafida, N. (2018). Pembentukan Karakter Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Bagi Peserta Didik Di Madrasah Melalui Program Adiwiyata. Jurnal Fikrotuna : Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam.

Husnun, R. ,. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Proses Pembelajaran di SD Harapan Kita Kabupaten Klaten. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Irene Bethesda Aritonang, D. A. (2022, ). Peran Guru Dalam Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 302-311.

L. Badriah, E. S. (2020). Strengthening Character Education through the Implementation of Madrasah's Culture : A study at state islamic Primary School 1 Bantul. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6, 37.

Naziyah, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5.

Nofriza Efendi, R. S. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan d i Sekolah Dasar LolongBelanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4, 1-10.

Article Metrics
Abstract views: 1388
pdf downloads: 2041
Published
2023-06-30
How to Cite
Silvia, E. D. E., & Tirtoni, F. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA. Visipena, 13(2), 130-144. https://doi.org/10.46244/visipena.v13i2.2230
Section
Articles