SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU
Abstract
Profesi guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, kemajemukan bangsa, dan kode etik profesi. Salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam rangka pemberdayaan guru adalah supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan upaya membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, berarti, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Guru akan bekerja secara professional apabila ia memiliki kompetensi yang memadai. Maksudnya adalah seorang guru akan bekerja secara profesional apabila ia memiliki kompetensi secara utuh. Seseorang tidak akan bisa bekerja secara profesional apabila ia hanya memenuhi salah satu kompetensi di antara sekian kompetensi yang dipersyaratkan.
Downloads
References
Dharma, Surya. (2008). Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
(2008). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Harahap, Burhanuddin. (2007). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Ciawi Jaya.
Indrafachrudi, Soekarto. (2006). Bagamana Memimpin Seokolah yang Efektif. Bogor: Gahalia Indonesia.
Manullang. 2005. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : UGM University Press.
Mulyasa, Enco. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaka Rosdakarya Offset.
Purwanto, Ngalim. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaka Rosdakarya Offset.
PDF downloads: 8817