SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

  • Saiful Bahri STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Supervisi, Akademik dan Guru

Abstract

Profesi guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, kemajemukan bangsa, dan kode etik profesi. Salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam rangka pemberdayaan guru adalah supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan upaya membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, berarti, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Guru akan bekerja secara professional apabila ia memiliki kompetensi yang memadai. Maksudnya adalah seorang guru akan bekerja secara profesional apabila ia memiliki kompetensi secara utuh. Seseorang tidak akan bisa bekerja secara profesional apabila ia hanya memenuhi salah satu kompetensi di antara sekian kompetensi yang dipersyaratkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharma, Surya. (2008). Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

(2008). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Harahap, Burhanuddin. (2007). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Ciawi Jaya.

Indrafachrudi, Soekarto. (2006). Bagamana Memimpin Seokolah yang Efektif. Bogor: Gahalia Indonesia.

Manullang. 2005. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : UGM University Press.

Mulyasa, Enco. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaka Rosdakarya Offset.

Purwanto, Ngalim. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaka Rosdakarya Offset.

Article Metrics
Abstract views: 4185
PDF downloads: 4026
Published
2014-06-30
How to Cite
Saiful Bahri. (2014). SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. Visipena, 5(1), 100-112. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236
Section
Articles