PENINGKATAN KINERJA DOSEN STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH

  • Saiful Bahri STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Peningkatan dan kinerja dosen

Abstract

Perguruan tinggi sebagai lembaga pengembangan ilmu bertujuan melahirkan masyarakat berpengetahuan, berkeahlian, kompeten, dan terampil. Maka perguruan tinggi harus mampu memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat dengan baik, salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan kinerja dosen dalam mewujudkan tridarma perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan peningkatan kinerja dosen STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh; 2) Strategi peningkatan kinerja dosen STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh; dan 3) Pengawasan dan evaluasi peningkatan kinerja dosen STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Subjek penelitian terdiri atas ketua dan pembantu ketua bidang akademik, ketua LP2M dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan peningkatan kinerja dosen yang dikembangkan antara lain; pengiriman tugas belajar, pengiriman short courses, penataran atau lokakarya dalam pembinaan dan kajian keilmuan yang relevan bagi dosen, program pelatihan dan pembinaan dalam menunjang kemampuan akademik; 2) Pelaksanaan kegiatan peningkatan kinerja dosen, disesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya, pelaksanaan peningkatan kinerja dosen mengarah pada Tridarma Perguruan Tinggi; 3) Pengawasan yang dilaksanakan dengan melakukan penilaian kinerja dosen didasarkan atas kinerja tri dharma perguruan tinggi, penilaian administratif oleh pimpinan, dan penilaian-penilaian lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Syahrizal (2009) Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana

Harun, Cut Zahri (2010). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yogyakarta; Pena Persada.

Dikti. 2007. Pedoman Penelitiaan Hibah Bersaing. Jakarta: Departemen Pendidikan Tinggi.

Dikti. 2006. Pedoman Penelitiaan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Tinggi

Hasibuan, M.S.P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hedwig, Rinda. (2007). Sistem Penjamin Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indrajit, R. Eko dan R. Djokopranoto. (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta: Andi

Nurudin. (2006). Terancamnya Profesionalitas Dosen. Suara Merdeka, 4 Desember.

Mudjadi, Ak. (2006). Kinerja dan Kompetensi Dosen. Jurnal Penelitiaan Kajian Keagamaan, Balitbang Agama dan Diklat Keagamaan Jakarta.

Murniati. A.R & Usman, Nasir (2008). Manajemen Stratejik, Peranan Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan. Bandung: Citapustaka

Suryo, Subroto. B (2007). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta. Pt. Rineka Cipta.

Sule, Ernie Tisnawati (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenada Media.

Uwes, Sanusi. (2007). Manajemen Pengembangan Dosen, Edisi Revisi. Jakarta: Lagos Wacana Ilmu.

Article Metrics
Abstract views: 110
PDF downloads: 164
Published
2012-12-31
How to Cite
Saiful Bahri. (2012). PENINGKATAN KINERJA DOSEN STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH. Visipena, 3(2), 91-109. https://doi.org/10.46244/visipena.v3i2.63
Section
Articles