PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

  • Saiful Bahri STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kepala sekolah, iklim sekolah, kinerja guru

Abstract

Kepala Sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya.Selain kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah ikut berpengaruh terhadap kinerja guru, yaitu menyangkut hubungan antar personal sekolah, kesempatan pengembangan diri, kesempatan untuk ikut berperan dalam perubahan sistem serta kondisi lingkungan sekolah yang nyaman dapat memotivasi para guru untuk lebih giat dalam melaksanakan tugasnya yang akan berdampak pada peningkatan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, Pandji. 1998. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta

As’ad, Moh. 1995. Psikologi Industri. Liberty: Yogyakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 1977. Kepemimpinan dan Komunikasi. Jakarta: Gunung Agung.

Hasibuan, Malayu SP. 1999. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti, 2000. Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Siagian, Sondang P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Tilaar, H. AR. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perpektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Article Metrics
Abstract views: 683
PDF downloads: 1047
Published
2010-12-31
How to Cite
Saiful Bahri. (2010). PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Visipena, 1(2), 30-39. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i2.28
Section
Articles