PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DESKRIPTIF DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN SISTEMATIS CLOZE PROSEDUR UNTUK SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-FALAH KABUPATEN ACEH BESAR

  • Sri Wahyuni STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Membaca, Cloze Prosedur, Teks Deskriptif

Abstract

Cloze prosedur adalah suatu teknik penghilangan kata-kata yang terdapat dalam sebuah teks bacaan. Penelitian ini memakai purposive cloze yang menghilangkan 3 jenis kata saja, kata yang dihilangkan yaitu: kata benda, kata sifat dan kata kerja. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perbedaan hasil antara eksperimental group yang menggunakan teknik cloze exercise dengan kontrol group yang menggunakan teknik konvensional, 2) untuk mengetahui kemampuan eksperimental group dalam melengkapi kata-kata yang dihilangkan, 3) untuk mengetahui ditingkat manakah kemampuan siswa dalam melengkapi kata-kata yang hilang berdasarkan cloze inventory level. Data tersebut dimbil dari 43 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen (22 siswa) dan kelas pengontrol (21 siswa) yang diambil dari kelas 2 SMA Al-Falah Abu Lam-U. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melengkapi kata apa yang mudah bagi mereka, sedangkan pre-test dan post-test untuk melihat hasil dari kedua kelompok. Penganalisaan hasil ini menggunakan rumus statistik untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil dari kelompok eksperimen dan pengontrol dalam melengkapi kata-kata yang telah dihilangkan dalam bacaan teks deskriptif dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan siswa yang lebih mudah dalam melengkapi kata benda, kata sifat ataukah kata kerja dalam suatu bacaan, serta pada tingkatan manakah kemampuan yang dicapai siswa dalam melengkapi penghilangan kata-kata tersebut. Dari analisa tersebut, penulis akan menemukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kedua teknik tersebut dan juga akan dibuktikan secara statistik bahwa pengajaran dengan teknik cloze exercise lebik baik dalam meningkatkan kemampuan anak pada pembelajaran reading. Ini menunjukkan bahwa peneliti menerima hipotesis alternatifnya yaitu bahwa ada perbedaan antara setiap metode, dan teknik cloze exercise lebih baik dari cara konvensional. Untuk mendukung data tersebut, peneliti juga mengelompokkan kemampuan siswa dalam suatu bacaan dengan penghilangan kata-kata yang dilengkapi oleh siswa menurut “cloze inventory level”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, James Dean. 1990. Understanding Research in Second Language Learning. A Teacher’s Guide to Statistics and Research Design. Cambridge University Press.

Clashlan, Asher. 1979. Language, Reading and Learning. London. Billing and Son Ltd.

Dechant, Emerald 1973. Reading Improvement in the Secondary School. New Jersey. Englewood Clift, Prentice Hall, Inc.

Djiwandono, M. Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung. Penerbit ITB.

Grellet, Francois. 1986. Developing Reading Skills: A Practical Guide to reading Comprehension Exercise. London, Cambridge university Press

Harmer, Jeremy. 1991, The Practice of English Language Teaching. Longman Handbook for Language Teacher, London and New York. New Edition.

Hatch, Evelyn and Farhady, Hossein 1982. Research Design and Statistics for Applied Linguistics. Rowley, Massachusetts 01969. Rowley.London. Tokyo. Newbury Publishers, Inc.

Margono, S. 2005. Metode Penelitian. Cetakan IV, Jakarta. Rineka Cipta.

Morgan, N and Saxton, J. 2004. Asking Better Questions. Retrieved March 25, 2008, from http://www. Alice M. Scalesonline. Com/html.

Nunan, David. 1991. Language Teaching Methodology. A Text Book for Teachers. New York: Prentice Hall Inc.

Oller, J W. 1979. Language Tests at School. Longman.

Salasi, R. 2001. Statistika Dasar. Departemen Pendidikan Nasional. Fakultas Keguruan dan Ilomu Pendidikan. Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Slavin, Robert E. 1984. Research Methods in Education. A Practice Guide. Johns Hopkins University. Englewood Cliffs, New Jersey 07632. Prentice-Hall, Inc.

Surachmad, Winarno. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Taylor, Wilson. 1953. Cloze Procedure: A New Total for Measuring Readability, Journalism QUATERLY.

Article Metrics
Abstract views: 113
PDF downloads: 97
Published
2014-12-31
How to Cite
Sri Wahyuni. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DESKRIPTIF DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN SISTEMATIS CLOZE PROSEDUR UNTUK SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-FALAH KABUPATEN ACEH BESAR. Visipena, 5(2), 14-24. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i2.255
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>