NILAI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM KUMPULAN PUISI MALU (AKU) JADI ORANG INDONESIA KARYA TAUFIQ ISMAIL

Khadijah

  • Khadijah STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Nilai Pendidikan Aqidah, Puisi, Taufik Ismail

Abstract

Pembinaan dan pengembangan sastra khususnya puisi sebagai bagian kebudayaan nasional perlu dilaksanakan karena didalam puisi terkandung nilai-nilai yang penting bagi bangsa Indonesia. Karena kemerosotan nilai pendidikan aqidah mengakibatkan rusaknya tatanan dan peradaban kehidupan bangsa, baik kehidupan orang dewasa, maupun generasi muda. Kumpulan puisi Malu (Aku) jadi Orang Indonesia (MAJOI) karya Taufiq Ismail merupakan catatan-catatan emosional zaman dengan gejolak politik dan sikap bangsa Indonesia. Berdasakan kenyataan itu, dilakukan penelitian nilai Pendidikan aqidah kumpulan puisi Malu (Aku) jadi Orang Indonesia (MAJOI) karya Taufiq Ismail .Rumusan masaalah : Bagaimanakah nilai pendidikan aqidah dalam kumpulan puisi Malu (Aku) jadi Orang Indonesia (MAJOI ) karya Taufiq Ismail ? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengungkapkan nilai pendidikan aqidah dalam Kumpulan puisi Malu ( Aku) jadi Orang Indonesia (MAJOI) karya Taufiq Ismail. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studio dukumentasi karena sumber data penelitian ini berupa dokumen. Istrumennya berupa instrument manusia, Yakni diri peneliti dan pedoman pengumpulan data. Untuk menjaga kesahihan data dilakukan dengan mengunakan model interaktif-dialektis yang didalamnya melibatkan tiga kegiatan analisis yang dilakukan secara serempak, bolak-balik, dan berkali-kali, yaitu kegiatan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verikfikasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan nilai pendidikan aqidah dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat dan panggilan hati untuk bertanggung jawab terhadap keluarga, kesatuan, keseimbangan keharmonisan, keteraturan, kemajuan, kemakmuran, dan kebahagian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin. 1990. Beberapa Landasan Konseptual dan Pemetaan Wilayah Penelitian Dalam bidang kesussatraan. Malang: Yayasan Asih asah Asuh.

Amiruddin. 1995. Pengantar Apresiasi Sastra. Cetakan ke-2. bandung : Sinar Baru bekerjasama dengan YA3 Malang.

Azra, A., Suryana, T. Abdul Haq, I., & Hafifuddin, 2002. Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi. Jakarta. Depak RI.

A. Sayuti, Sumito. 2005. Taufik Ismail: Karya dan Dunianya. Jakarta: PT Grafindo

Bakri, Masykuri. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: Lembaga Penelitian Unisma kerja sama dengan Visipres

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Agama RI. 1990. Al-Quran dan Tafsirnya . Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Ibrahim, Alfin. (Ed.) 1977. Perang Kolonial Belanda di Aceh. Banda Aceh: PDIA

Icksan, M.A. 2002. Peran Sastra sebagai Media Pembelajaran Estetika, Etika, dan Moral (Diktat mata kuliah Pengajaran Sastra), Malang: Universitas Negeri Malang.

Ismail, Taufik. 2000. Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Seratus Puisi Taufik Ismail. Jakarta: Yayasan Indonesia

Ismail, Taufik dkk. 2004. Horizon Esai Indonesia Kitab 1 dan 2. Jakarta: Horizon, Kaki Langit dan the frond foundation.

Kompas, 23 Agustus 1995. Taufik Ismail Mengkritik Melalui Puisi, hlm. 1

Madjid, Nurchaolisash. 2000. Islam Dokrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Keimanan, kemanusiaan, dan Kemoderenan. Jakarta : Paramadina.

Nurata, Sachiko. 2000. The Tao Of Islam. Bandung: Mizan.

Syihab, M.Q. 1996. Wawasan Al-Quran . Jakarta: Mizan.

Article Metrics
Abstract views: 932
PDF downloads: 273
Published
2011-12-31
How to Cite
Khadijah. (2011). NILAI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM KUMPULAN PUISI MALU (AKU) JADI ORANG INDONESIA KARYA TAUFIQ ISMAIL: Khadijah. Visipena, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i2.41
Section
Articles